Warisan Budaya Asli Indonesia

lmdavalos.net

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman warisan adat istiadat yang dapat menjadi nilai rtp live penting bagi bangsa Indonesia dan cocok untuk dilestarikan. Tidak hanya mempunyai warisan adat istiadat yang unik, tapi bermacam kebudayaan milik bangsa Indonesia juga telah mendunia.

lmdavalos.net

1. Tari Kecak

Tari Kecak tercipta dari perpaduan seni, adat istiadat, dan kisah mistik. Tari Kecak adalah salah satu tarian yang paling populer bagi pelancong yang berkunjung ke Bali. Keunikan Tari Kecak adalah hanya dengan melantunkan bunyi “cak,cak,cak” secara tegas dan berulang-ulang hingga mempunyai irama, dan dengan gerakan tangan para penari yang kompak, lama kelamaan kamu akan merasa terhipnotis. Pada dikala tarian sedang berlangsung, kamu akan disuguhkan pertunjukan teater singkat tentang cerita Rama dan Shinta.

2. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah pertunjukan seni yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Kota Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, sosok dalam pertujukan reog. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih betul-betul kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Dalam seni pertunjukan reog umumnya tidak meniru skenario yang telah disusun dan kadang kala ada interaksi antara pemain reog dan penonton.

Pemain Reog Ponorogo menggunakan topeng yang cukup besar, beratnya dapat menempuh 50 kilogram dan topeng tersebut disangga hanya menggunakan gigi. Mungkin hal ini terdengar tidak nyata, tapi hal ini dapat terjadi sebab latihan jasmani serta latihan secara spiritual.

3. Tari Pendet

Selain Tari Kecak, Bali juga mempunyai Tari Pendet. Tari Pendet adalah tarian tertua di Pulau Dewata, diperkirakan telah ada semenjak tahun 1950. Selain berfungsi sebagai tarian ucapan selamat datang, juga adalah tarian untuk ritual keagamaan. Tarian ini dibawakan oleh putri dan sang penari juga membawa mangkuk perak yang berisikan bunga. Kebudayaan autentik Indonesia ini pertama kali dipentaskan ke dunia dikala kancah Asean Games tahun 1960 yang dibuka oleh Presiden Soekarno.

4. Gamelan

Seni kebudayaan Indonesia lainnya yang populer di pentas dunia adalah Gamelan. Gamelan sendiri adalah musik ansambel tradisional Jawa, Sunda, dan Bali di Indonesia yang mempunyai tangga nada pentatonis dalam cara tangga nada (laras) slendro dan pelog.

Ada banyak instrumen untuk melengkapi ansambel Gamelan mulai dari gangsa, gender, bonang, gong, saron, slenthem, gambang, seruling, rebab hingga kendhang yang dimainkan dengan tangan. Sebagai komplementer musik gamelan juga diiringi merdunya Sindhen yang melantunkan lagu-lagu khas.

5. Noken

Warisan Kultur Indonesia yang kelima adalah noken. Noken adalah sebutan yang dipakai untuk ransel rajut tradisional yang berasal dari Papua. Noken sendiri telah diakui di bermacam dunia sebagai bagian dari adat istiadat provinsi yang letaknya paling timur dari negara Indonesia tersebut.

Pembuatan dari noken sendiri kian berkurang dikarenakan beratnya kompetisi dengan ransel yang dijadikan secara massal di pabrik serta susahnya untuk mencari dan mendapatkan bahan baku untuk membuatnya. ini yang menyebabkan nilai adat istiadat yang ada menjadi luntur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Erick Thohir Minta YIA Gelas Pensi Dua Kali SemingguErick Thohir Minta YIA Gelas Pensi Dua Kali Seminggu

lmdavalos.net

Kementerian BUMN RI mendukung bandar udara menjadi etalase budaya. Langkah ini dikerjakan untuk kemajuan seni budaya, pariwisata, sampai membuka lapangan profesi bagi masyarakat.

Disamping itu, aset BUMN terjaga dan berkhasiat. Menteri BUMN Erick Thohir bahkan meminta bandar udara dapat menggelar kesenian dan kebudayaan di sana secara konsisten.

“Saya tanya kalau seminggu sekali bisa ada lomba budaya seperti ini. Supaya ada lowongan kerja,” kata Erick Tohir di Bandar Udara International Yogyakarta (YIA), Rabu (22/6/2022).

Hal ini bagian dari pemanfaatan optimal aset-aset BUMN. Aset BUMN tak hanya bangunan, melainkan juga kesanggupan masyarakat untuk menjangkaunya. Aset BUMN dapat diberi nasihat mendukung dan mendukung merk dan UMKM lokal. Erick Tohir menyayangkan jikalau ada bangunan berkelas melainkan tak ada pembauran dengan masyarakat.

“Aset bagus ini jangan hanya semacam bangunan yang jauh dari masyarakat. Bangun menawan melainkan kehidupan tak ada. Aku ini sentra pertemuan pelancong dari luar negeri dan dalam negeri. Ada perputaran di sana,” kata Erick.

“Kali ini kita dorong,” kata Erick dalam dialog budaya dengan para praktisi budaya DI Yogyakarta di YIA itu. Menteri Erick menyatakan, bandar udara salah satu yang representatif sebagai etalase budaya itu. Kecuali ini sejatinya sudah berlangsung semenjak Januari 2020 dalam application BUMN Merajut.

Kemudian, cara kerjanya tertunda sebab pandemi Covid-19. Malah dua tahun, ide itu kembali didorong. beberapa bandar udara membaik, seperti Jakarta yang meningkat sampai 70 persen, meski Yogyakarta menempuh 60 persen.

“Aku meminta pengelola bandar udara di bawah BUMN untuk mengaktifkan kembali ide permulaan, supaya bandar udara itu jadi cetak kebudayaan kita,” kata Thohir. Kecuali bandar udara, menurut Erick Thohir, aset milik PT Pos juga tengah dipikirkan, seperti kantor pos sentra Pasar di Jakarta, di Medan, di Bandung, maupun di Surabaya.

Aset yang sudah ada semenjak Zaman Belanda, sayang jikalau hanya berdiri sebagai bangunan megah semata. sentra belanja Sarinah sampai terlupakan sebagai etalase produk lokal.

Direktur Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi menyatakan, bandar udara sudah menyiapkan 3.000 meter persegi lokasi untuk UMKM dan etalase kesenian di YIA.

Seiring pertumbuhan penumpang pesawat karenanya bandar udara dioptimalkan, termasuk mendukung kesenian dan kebudayaan, melainkan juga UMKM. “Kita dapat maju bersama dan memberi warna baru bahwa bandar udara di Indonesia ramah budaya dan ikut serta mengoptimalkan kesenian,” kata Faik Fahmi.

Simak Jadwal PKB Minggu 3 Juli 2022Simak Jadwal PKB Minggu 3 Juli 2022

Tahun ini melibatkan 16.150 pekerja seni dan 200 studio, sekaa dan kelompok sosial seni. Materi pokok merupakan Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Perlombaan), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Adat).
Feel the atmosphere dan kemeriahan penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali di Taman Pekan Art Center Denpasar bersama keluarga.

Apakah Anda telah sempat datang dan menyaksikan bermacam-macam pertunjukan seni di acara Pesta Kesenian Bali (PKB) 2022? Jangan hingga tertinggal, PKB ke-44 masih berlangsung pada hari Sebagian 3 Juli 2022.

lmdavalos.net

Adat Istiadat PKB XLIV 2022

Tentu saja ada banyak rangkaian kesibukan adat istiadat dalam PKB XLIV tahun 2022 yang bisa Anda saksikan. Adat acara dikonsentrasikan di Taman Pekan Bali atau Art Center Denpasar, ada juga pertunjukan di ISI Denpasar. Ajak sahabat, keluarga, ataupun pasangan untuk menjadi saksi helatan PKB 2022.

Adat pertunjukan telah digelar antara lain Parade Gong Kebyar dari sebagian kabupaten di Bali. Hari Sebagian ini, ada juga pertunjukan Topeng Bondres di Kalangan Ayodya.

Tentu saja hari ini masih ada sebagian pertunjukan yang dapat Anda saksikan dalam PKB 2022. Diantaranya ada parade Widyatula sampai Gong Kebyar Kabupaten Karangasem.

Jadwal Pesta Kesenian Bali (PKB) Minggu 3 Juli 2022

10.00 WITA

Acara: Widyatula (Sarasehan) Arsitektur “Perundagian Tapa Tirtha”

Tempat: Ruang Padma Dinas Kebudayaan Provinsi Bali

14.00 WITA

Acara: Rekasadana (Pergelaran) Topeng Bondres, Sanggar Seni Yudistira, Banjar Muncan, Desa Kapal, Mengwi, Badung.

Tempat: Kalangan Ayodya, Art Center Denpasar.

19.00 WITA

Acara: Utsawa (Parade) Gong Kebyar Duta Kabupaten Karangasem

Tempat: Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Center Denpasar.

Seperti dikenal, PKB 2022 sudah dibuka secara legal oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam pawai (peed aya) di depan Monumen Pengorbanan Rakyat Bali Bajra Sandi, Pekan (12/6/2022). PKB 2022 digelar selama sebulan, adalah 12 Juni-10 Juli 2022 akan datang. PKB 2022 mengusung tema Danu Kerthi Huluning Amreta yang bermakna memuliakan air sumber kehidupan.

Adapun materi pokok yang dipersembahkan dalam PKB ke-44 tahun 2022 yakni, peed aya (pawai), rekasedana (pagelaran), kandrupa (pameran), utsawa (parade), wimbakara (pertandingan), kriya loka (lokakarya), widyatula (sarasehan) dan Adhi Sewaka Nugraha atau penghargaan pengabdi seni.

Biodata Singkat Tentang Penyanyi Cantik Indonesia, Raisa

Biodata Singkat Tentang Penyanyi Cantik Indonesia, RaisaBiodata Singkat Tentang Penyanyi Cantik Indonesia, Raisa

Biodata Singkat Tentang Penyanyi Cantik Indonesia, Raisa – Indonesia punya berbagai penyanyi solo cantik dan seksi yang kualitas dari suaranya tak perlu diragukan lagi. Nah salah satunya adalah Raisa, yang belum lama ini terlihat menonton Stephanie Poetri Isi Acara Head In The Clouds 2021. Wanita dengan paras yang cantik ini mengakibatkan banyak fans pria nya merasa cemburu dan patah hati setelah dirinya dipersunting oleh aktor Hamish Daud.

Biodata Singkat Tentang Penyanyi Cantik Indonesia, Raisa

Resmi menikah bersama dengan hamish Daud terhadap September 2017 lalu. Raisa Andriana atau kerap dikenal bersama dengan panggilan Raisa, merupakan salah satu penyanyi solo Indonesia yang berprestasi. Raisa lahir di Jakarta terhadap 6 Juni 1990 berasal dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Marianty. Sewaktu kecil, Raisa punyai nama panggilan Slot Gacor yang sempat tidak disukainya.

Kedua orang tuanya memanggilnya bersama dengan nama Sasha. Karena dirinya tetap ada masalah mengeja kata bersama dengan jelas, panggilan itu diganti bersama dengan nama Yaya supaya lebih enteng diucapkan. Tapi, tambah beranjak dewasa, ia menjadi aneh bersama dengan panggilan itu. Pendidikannya di SMAN 34 Jakarta. Saat SMA ia satu sekolah bersama dengan Afgan Syahreza tapi Afgan adalah kakak kelas Raisa.

Di SMA Raisa akrab dipanggil bersama dengan nama ‘Yaya’ karena gemar main judi slot online di situs Demo Slot Online Pragmatic Play Indonesia. Di SMA, Raisa kerap ikuti pentas seni dan bakat bernyanyinya tambah terasah. Setamat SMA, Raisa melanjutkan pendidikannya di Universitas Bina Nusantara Internaasional bersama dengan jurusan Marketing Internasional Bisnis. Raisda tetap fokus bernyanyi meski kuliah. Sejak kecil, bakat menyanyi Raisa telah terlihat.

Perjalanan Karir Raisa Andriana Hingga Sekarang

Pada usia 3 tahun, ia kerap tampil berpura-pura layaknya penyanyi sungguhan. Hobinya bernyanyi tetap terjadi sampai remaja. Ia belajar vocal otodidak. Raisa tak sungkan untuk ngamen menyanyi berasal dari satu kafe ke kafe lain. Raisa tumbuh bersama dengan mempelajari sendiri tehnik olah vokal berasal dari lagu-lagu yang kerap didengar. Mahasiswi Universitas Bina Nusantara Internasional ini mempelajari style bernyanyi berasal dari musisi-musisi favoritnya.

Perjalanan Karir Raisa Andriana Hingga Sekarang

Raisa ter-influence berkat penyanyi-penyanyi seperti Brian McKnight, Stevie Wonder, JoJo, Alicia Keys, sampai Whitney Houston. Awal tahun 2011 ini Raisa mendapat peluang untuk dapat jackpot di Situs Slot Pragmatic Jackpot Besar saat sedang berada di panggung Java Jazz Festival 2011. Bermain di panggung besar OSO Stage 2, Raisa telah berhasil memimpin koor menyanyikan Serba Salah terhadap penonton yang berkumpul di depan panggung.

Suatu prestasi yang patut dibanggakan. Pada akhirnya Raisa meminta mampu beri tambahan suatu hal perihal baru untuk musik di Indonesia. Karena Serba Salah dan lagu-lagu dalam full album Raisa, yang akan dirilis selanjutnya, bercerita mengenai mimpi dan harapan, dan terhitung kerja keras yang diramu jadi satu kesatuan dalam musik. Hampir 80% lagu di album Raisa merupakan ciptaannya sendiri.

Bakat menyanyi Raisa sebetulnya telah muncul sejak dirinya tetap kecil. Awalnya Raisa mengaku menyukai lagu soundtrack film Aladdin buatan Disney, yaitu “A Whole New World”. Suatu kala sang ibu mendengarnya menyanyikan lagu itu dan paham Raisa mampu menyanyi. Lain berasal dari anak kecil seusianya, Raisa mampu melantunkannya bersama dengan suara yang benar dan tidak fals.

Kini diketahui Raisa sedang mengandung buah hati dari penikahan nya bersama Hamish Daud. Ketika moment Raisa menikah banyak fans nya terutama laki-laki yang merasa patah hati online karena salah satu bidadari Indonesia sudah resmi dan sah milik seseorang. Raisa kini juga masih sering menyempatkan diri menyanyi, seperti yang bisa kita lihat ia sering membagikan video Reels di Instagram pribadinya.