lmdavalos : Kesenian Daerah Di Indonesia Kesenian Indonesia Pemprov DKI Revitalisasi 3 Gedung Kesenian di Jakarta Dengan Anggaran Rp 28,9 Miliar

Pemprov DKI Revitalisasi 3 Gedung Kesenian di Jakarta Dengan Anggaran Rp 28,9 Miliar

lmdavalos.net

Pemprov DKI Jakarta melakukan revitalisasi terhadap 3 gedung kesenian. antara lain Gedung Kesenian Jakarta, Gedung Kesenian Miss Tjitjih dan Gedung Wayang Orang Bharata.

kepala Dinas Kebudayaan DKI, Iwan Henry Wardhana mengatakan, anggaran buat revitaliasi tiga gedung kesenian di Jakarta ini mencapai sekitar Rp 28,9 miliar.

“Akhir tahun ini terselesaikan, sebagai akibatnya tahun depan kami akan menerima tiga gedung yg baik,” kata Iwan, Selasa (19/7/2022).

Iwan berkata, jajarannya menargetkan proses revitalisasi itu akan terselesaikan di tahun 2022 ini. beliau juga menyebutkan aturan buat revitalisasi tiga gedung kesenian tersebut menggunakan dana APBD DKI Jakarta tahun 2022.

Rinciannya, aturan revitalisasi Gedung Kesenian Jakarta lebih kurang Rp 13 miliar, Gedung Miss Tjitjih mencapai Rp 8,9 miliar dan Gedung Wayang Orang Bharata mencapai Rp 7 miliar.

Iwan menyebutkan, aturan tersebut dialokasikan dari APBD DKI 2022 dan waktu ini dalam proses lelang.

“terdapat pada salah https://www.desawisatatukak.com/ satu unit pengelola pertunjukan. jikalau nggak salah , sekitar belasan, tapi WOB itu lebih kurang Rp7 miliar, Gedung Kesenian Jakarta serta Miss Tjitjih itu sekitar belasan miliar. saya lupa, aku nggak hafal karena dipegang unit pengelola,” ucapnya.

“bila tiga bangunan fisik ini sudah jalan, maka aktivitas ekspresi berkesenian artis lebih konkret, karya-karya yg didapatkan pun lebih baik,” ucapnya.

Selama proses revitalisasi itu, Iwan menambahkan para artis dapat memakai sementara Taman Ismail Marzuki (TIM) buat pentas sehingga kreativitas tetap berjalan.

“Kebetulan TIM pada bawah Dinas Kebudayaan, jadi semua terakomodir. Kan sudah terdapat biaya waktu mereka tampil beberapa kali dalam setahun, nggak harus indoor, kita buat outdoor. Sesuatu yang menarik,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Jakarta sentra. beliau menjanjikan aturan Rp 7 miliar buat renovasi.

“Insyaallah kami dukung renovasinya, nanti dialokasikan lebih kurang Rp 7 miliar buat bangun tempat ini,” kata Anies melalui kabar tertulis, Jumat (10/6/2022).

Anies mengatakan renovasi tadi ialah upaya memajukan kebudayaan. dia berharap lokasi ini menjadi rujukan warga waktu mengisi ketika luang.

Gedung Kesenian Jakarta artinya bangunan tua peninggalan bersejarah pemerintah Hindia-Belanda yang sampai sekarang masih berdiri kokoh pada Jakarta pusat.

Sedangkan, Gedung Kesenian Miss Tjitjih diprioritaskan buat pelestarian serta pengembangan Sandiwara Sunda. sementara itu, Gedung Wayang Orang Bharata digunakan menjadi tempat pertunjukan wayang orang pada Jakarta sentra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Seni Musik Yang Terkenal di IndonesiaSeni Musik Yang Terkenal di Indonesia

Kesenian musik Tradisional yang ada di Indonesia mungkin sudah banyak, Akan tetapi yang masih melengkat pada budaya indonesia adalah Seni Musik yang tidak dapat di lupakan, Karena ada begitu banyak cerita mengenai seni musik indonesia, Sehingga sampai saat ini pun masih terkenal dan paling populer, Mungkin ada beberapa seni musik yang akan dapat kita jelaskan dibawah ini.

Namun, Jangan lupa setelah anda sudah membaca artikel ini, Pasti anda akan merasakan sesuatu perubahan yang dapat mengubah diri anda sendiri, Coba untuk buka atau daftarkan dengan situs ini https://www.jeannineswestlakevillage.com/.

Gamelan

Ini adalah bentuk musik yang paling populer dan tersebar luas di Indonesia. Kata Gamelan berasal dari bahasa Jawa yang berarti palu atau palu dan merupakan bentuk musik yang dimainkan dengan bantuan 50-80 instrumen orkestra. Instrumen yang terlibat adalah drum perkusi lokal dan metalofon.

Suling

Juga dikenal sebagai situs slot gacor Seruling, Suling adalah seruling cincin bambu Asia Tenggara yang digunakan dalam berbagai pertunjukan ansambel musik tradisional, termasuk gamelan, gambus, dan dangdut Melayu. Seruling ini terbuat dari tabung bambu panjang berdinding tipis yang disebut tamiang dan pita rotan tipis melingkari corong. Berasal dari budaya Melayu, alat musik ini ada di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Keroncong

Berasal dari desa Tugu Jakarta, Keroncong berhubungan dengan genre musik Indonesia dan juga alat musik yang mirip dengan ukulele. Musiknya konon terinspirasi oleh musik Portugis Fado dan populer di Jawa. Biasanya dimainkan dengan bantuan Kroncrong (instrumen), seruling, biola, cello, dan gitar melodi.

Angklung

Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari tabung bambu, Angklung banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Nada dihasilkan dengan menggoyangkan instrumen sehingga tabung bambu saling bertabrakan. Angklung telah diakui sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak November 2010. Ada banyak jenis angklung: angklung kanekes, angklung dogdog lojor, angklung gubrag, dan angklung padaeng.
Secara etimologis, angklung berasal dari bahasa Sunda yaitu “angka” yang berarti nada, dan kata “lung” yang berarti patah.

Qasidah

Qasidah yang merupakan bentuk puisi dan ode Islami cukup terkenal di Indonesia karena populasi Muslim negara itu yang sangat besar. Sebagian besar berpusat di Jakarta, sebagian besar dinyanyikan secara solo dan oleh kelompok wanita. Musik Indonesia ini mengadopsi versi pop modern yang dikenal dengan pop Qasidah. Bentuk-bentuk tradisional Qasidah dinyanyikan di desa-desa di Jawa sedangkan bentuk-bentuk yang lebih kontemporer menambah nilai-nilai moral zaman baru seperti menargetkan kejahatan seperti minum dan merokok. Salah satu grup wanita yang terkenal dari genre ini adalah Nasida Ria.

Terakhir, Setelah mengenai beberapa penjelasan tentang musik yang ada di indonesia , Sebenarnya masih banyak lagi Kesenian musik indonesia, Tetapi, dengan begini kalian bisa paham dari segi seni musik tersebut, agar tidak melupakan bahwa awal indonesia mengenal musik dari sini hingga sekarang.

lmdavalos.net

PKB : Air Sebagai Karakter Dalam TariPKB : Air Sebagai Karakter Dalam Tari

lmdavalos.net

Banyak karya atau garapan seni tari dan pertunjukan yang terinspirasi dari air. Tak cuma itu, para seniman juga tidak jarang menghasilkan seni pertunjukan sebagai wahana untuk mengingatkan masyarakat mengenai sistem memuliakan air.

itu terbongkar dalam Widyatula (sarasehan) Kultur Tari bertajuk Pertunjukan Karena dan Ritus Air sebagai rangkaian rencana Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44. Acara hal yang demikian menghadirkan dua orang pembicara, yakni budayawan Bali Prof Dr I Wayan Dibia dan maestro tari Jawa klasik Theodora Retno Maruti.

Jika Air Telah Tercemar Tinggal Menunggu Waktu Pralaya

“Dia, jika air telah rusak, air telah tercemari, masa pralaya (kehancuran) tinggal menunggu waktu,” kata Dibia ketika menjadi narasumber dalam acara yang digelar secara luring dan daring di Ruang Rapat Padma Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Dibia memaparkan, air dapat diperagakan, divisualkan, diverbalkan, diceritakan, sampai dibuatkan lakonnya dalam seni pertunjukan. “Ada banyak lakon yang ceritanya atau pusatnya tentang kemuliaan air,” ujarnya.

Air Dapat Direalisasikan Dengan Gerak

Sebagian mencontohkan, dari sisi gerakan yang berhubungan dengan air, dalam seni tari ada yang disebut gerakan ngombak (berdiri naik turun), gerakan lasan megat yeh (gerakan kadal yang menyeberangi sungai).

“hal yang berhubungan dengan air, banyak bisa dinyatakan melewati seni pertunjukan. Kebiasaan pertunjukan juga telah lama mengajak para pemirsanya untuk tetap melestarikan air,” kata peraih penghargaan Padma Shri dari Pemerintah India itu.

Sementara itu, maestro tari Jawa klasik Theodora Retno Maruti sempat mengulas fungsi air dalam upacara adat Jawa. di antaranya seperti upacara pernikahan, mitoni (upacara calon ibu yang sedang mengandung) dan upacara teddak siten (upacara si kecil berusia 7 atau 8 bulan).

Sifat Air Sebagai Karakter Dalam Tari

Sifat-sifat air juga menjadi salah satu karakter dalam tari Jawa (puteri dan putera alus). Sifat air yang tenang, mengalir, tapi mempunyai energi yang dahsyat tidak jarang tercermin dari setiap gerakan tari Jawa.

“Gerakan-gerakannya selalu mengalir, hening melainkan berwibawa. Penari bisa mengendapkan emosinya sehingga orang yang melihatnya serasa mendapat siraman air yang menyejukkan dan membawa rasa tentram,” ujarnya.

Implementasi air dalam karya tari Jawa diantaranya dapat dilihat dalam Sendratari Ramayana Prambanan, Roro Mendut, The Amazing Bedaya Legong Calonarang, Arka Suta sampai Bimasuci karya Sentot S.

lmdavalos.net

Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui DuniaWarisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

Di Indonesia banyak sekali budaya dan kesenian yang sudah diketahui luas oleh dunia. Warga duniapun banyak yang tak cuma menikmatinya, melainkan juga ikut serta mencoba lebih dekat dengan kebudayaan Indonesia. Kita sudah semestinya berbangga dan ikut melestarikan kebudayaan Indonesia.

lmdavalos.net

1. Wayang Kulit

Kesenian dari kulit kerbau yang berasal dari Jawa ini yaitu satu dari jutaan kesenian budaya di Indonesia yang paling familiar. Banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia untuk belajar seputar wayang. Dalam pertunjukan wayang senantiasa mempunyai simbol dan makna filosofis. Pertunjukan wayang sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang memukau dalam Bidang Cerita Narasi dan Warisan yang Indah dan Berharga.

2. Angklung

Alat musik bernada ganda ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan dalam alat musik ini yaitu bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan, sehingga pipa pipa bambu akan bergetar dan mewujudkan nada tertentu. Kecuali fungsi sebagai slot dana terbaru alat musik, angklung berfungsi sebagai salah satu alat dalam upacara adat untuk mengundang Dewi Sri atau dewi kemakmuran untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada padi., Angklung dinobatkan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Verbal dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO pada bulan November 2010 dan sudah menjadi salah satu budaya absah Indonesia yang mendunia.

3. Keris

Keris yaitu senjata tajam klasifikasi belati dengan banyak fungsi budaya yang diketahui di kawasan Indonesia bagian barat dan tengah. Wujudnya yang khas dan mudah dibedakan dari senjata lainnya karena tak simetris dari bagian pangkal ke bagian ujungnya. Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata dalam duel sekalian pelengkap sesaji dalam upacara adat. Dalam budaya Jawa, keris sering kali dihubungkan dengan hal mistik dan mempunyai daya tersendiri.

4. Batik

Siapa yang tak kenal kebudayaan absah Indonesia selanjutnya ini? Setiap orang Indonesia pasti mempunyai dan pernah menggunakan batik, bagus corak tradisional ataupun yang dengan corak modern. Batik yaitu kain bergambar yang mempunyai proses pembuatan khusus yaitu menorehkan malam (lilin tradisional) menggunakan canting di atas kain sebelum kemudian via proses pewarnaan yang juga natural.

Hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai motif atau corak batik khas dan masing-masing mempunyai filosofi. Batik sudah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Budaya Verbal dan Nonbendawi Manusia.

5. Tari Saman

Tari Saman yaitu ikon pujian sekalian kebudayaan Indonesia dari Provinsi Aceh. Tarian ini berasal dari Suku Gayo dan sudah diketahui oleh slot gacor maxwin dunia. Hampir di tiap-tiap sekolah di Indonesia mempunyai aktivitas Tari Saman dan diikutsertakan dalam laga nasional.

Tari Saman termasuk salah satu tarian yang unik, karena cuma memperlihatkan gerak tepuk tangan, anggota tubuh bagian atas, dan lutut, melainkan bisa mewujudkan gerakan yang mempesona. Kunci tarian ini terletak pada kekompakan gerakan para penari, di mana mereka semestinya bergerak serentak meniru irama musik dengan tempo yang cepat.