Mengenal Warisan Budaya Indonesia

lmdavalos.net

Indonesia denagn julukan Negara Seribu Pulau memiliki banyak sekali keberagaman seni, seperti adat istiadat, bahasa daerah, tari daerah, dan masih banyak lagi. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia dikenal oleh dunia.

lmdavalos.net

Banyaknya adat istiadat yang berbeda dari berbagai daerah, membuat turis lokal bahkan internasional kagum. seperti halnya Bali yang sudah mendunia, karena keindahan alam dan adat yang selalu terjaga turun termurun. Hal ini merupakan bukti bahwa Indonesia sangat kaya akan keberagaman budaya.

Tari Barong Bali

Seni Pertunjukan tari tradisional Bali yang pertama adalah Tari Barong. Pertunjukan Tari Barong Gianyar bali ini sudah dikenal masyarakat luas sejak 1930. Tari Barong dalam kepercayaan masyarakat Bali dikenal sebagai malaikat pelindung yang berwujud singa sebagai Raja Roh.

Pencak Silat

Tidak hanya tarian, Pencak Silat juga menjadi sorotan dunia. Bahkna Pencak Silat ditetapkan sebagai “Warisan Dunia Tak Benda” oleh UNESCO. Seni bela diri pencak silat dipercaya sebagai elemen yang membentuk warisan budaya Indonesia. Menurut kacamata dunia, pencak silat menjadi peran penting dan juga kontribusi dalam pengenalan budaya Indonesia ke dunia internasional.

Angklung

Angklung merupakan alat musik khas Jawa Barat yang terbuat dari susunan bambu. Cara memainkan angklung cukup mudah, Penguna hanya perlu menggoyangkna angklung agar mengeluarkan bunyi yang diinginkan. Alat musik satu ini juga masuk ke dalam daftar UNESCO pada tahun 2010 dengan kategori ” Warisan Budaya Tak Benda”

Tari Kecak Bali

Jika berbicara tentang Bali maka tarian yang satu ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat luas juga internasional. Tari Kecak Bali di peragakan oleh 50-70 orang penari yang memenuhi panggung pertunjukan. Ciri khas dari tarian ini adalah suara musik gamelan dan suara para penari yang berteriak mengikuti irama musik gamelan.

Wayang Kulit Jawa Tengah

Wayang Kulit merupakan kesenian khas Jawa Tengah. sesuia dengan namanya, Wayang Kulit terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang sudah dibersihkan kemudian dikeringkan untuk selanjutnya dibentuk menjadi wayang.

Pertunjukkan Wayang kulit biasa dilakukan pada malam hari. Dalang sebagai pendongeng, akan menceritakan kisah dari karakter yang dibawakan. Ada juga sinden yang bertugas mengisi nyanyian untuk mengiringi dalang saat bercerita.


Tari Saman Aceh

Aceh dikenal sebagai daerah yang memiliki penganut muslim terbanyak. Bahkan hukum disana pun masih mengikuti hukum Islam zaman dulu. Walaupun begitu, tak menutupi kemungkinan untuk Aceh bisa terkenal di kacamata internasional. Tari Aceh sudah ada sejak abad ke 17 Masehi dikembangkan oleh Muhammad As-Saman.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Warisan Budaya Asli IndonesiaWarisan Budaya Asli Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman warisan adat istiadat yang dapat menjadi nilai rtp live penting bagi bangsa Indonesia dan cocok untuk dilestarikan. Tidak hanya mempunyai warisan adat istiadat yang unik, tapi bermacam kebudayaan milik bangsa Indonesia juga telah mendunia.

lmdavalos.net

1. Tari Kecak

Tari Kecak tercipta dari perpaduan seni, adat istiadat, dan kisah mistik. Tari Kecak adalah salah satu tarian yang paling populer bagi pelancong yang berkunjung ke Bali. Keunikan Tari Kecak adalah hanya dengan melantunkan bunyi “cak,cak,cak” secara tegas dan berulang-ulang hingga mempunyai irama, dan dengan gerakan tangan para penari yang kompak, lama kelamaan kamu akan merasa terhipnotis. Pada dikala tarian sedang berlangsung, kamu akan disuguhkan pertunjukan teater singkat tentang cerita Rama dan Shinta.

2. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah pertunjukan seni yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Kota Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, sosok dalam pertujukan reog. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih betul-betul kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Dalam seni pertunjukan reog umumnya tidak meniru skenario yang telah disusun dan kadang kala ada interaksi antara pemain reog dan penonton.

Pemain Reog Ponorogo menggunakan topeng yang cukup besar, beratnya dapat menempuh 50 kilogram dan topeng tersebut disangga hanya menggunakan gigi. Mungkin hal ini terdengar tidak nyata, tapi hal ini dapat terjadi sebab latihan jasmani serta latihan secara spiritual.

3. Tari Pendet

Selain Tari Kecak, Bali juga mempunyai Tari Pendet. Tari Pendet adalah tarian tertua di Pulau Dewata, diperkirakan telah ada semenjak tahun 1950. Selain berfungsi sebagai tarian ucapan selamat datang, juga adalah tarian untuk ritual keagamaan. Tarian ini dibawakan oleh putri dan sang penari juga membawa mangkuk perak yang berisikan bunga. Kebudayaan autentik Indonesia ini pertama kali dipentaskan ke dunia dikala kancah Asean Games tahun 1960 yang dibuka oleh Presiden Soekarno.

4. Gamelan

Seni kebudayaan Indonesia lainnya yang populer di pentas dunia adalah Gamelan. Gamelan sendiri adalah musik ansambel tradisional Jawa, Sunda, dan Bali di Indonesia yang mempunyai tangga nada pentatonis dalam cara tangga nada (laras) slendro dan pelog.

Ada banyak instrumen untuk melengkapi ansambel Gamelan mulai dari gangsa, gender, bonang, gong, saron, slenthem, gambang, seruling, rebab hingga kendhang yang dimainkan dengan tangan. Sebagai komplementer musik gamelan juga diiringi merdunya Sindhen yang melantunkan lagu-lagu khas.

5. Noken

Warisan Kultur Indonesia yang kelima adalah noken. Noken adalah sebutan yang dipakai untuk ransel rajut tradisional yang berasal dari Papua. Noken sendiri telah diakui di bermacam dunia sebagai bagian dari adat istiadat provinsi yang letaknya paling timur dari negara Indonesia tersebut.

Pembuatan dari noken sendiri kian berkurang dikarenakan beratnya kompetisi dengan ransel yang dijadikan secara massal di pabrik serta susahnya untuk mencari dan mendapatkan bahan baku untuk membuatnya. ini yang menyebabkan nilai adat istiadat yang ada menjadi luntur.

Tarian Jaipong Jawa Barat

Tarian Jaipong Jawa BaratTarian Jaipong Jawa Barat

Jaipongan terlahir lewat proses kreatif dari tangan dingin H. Suanda kurang lebih tahun 1976 di Karawang, Jaipongan merupakan garapan yang memadukan sebagian elemen seni normalitas Karawang layaknya pencak silat, wayang Slot Server Thailand Resmi golek, topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain. Jaipongan di Karawang pesat pertumbuhannya di terasa tahun 1976, ditandai bersama timbulnya rekaman Jaipongan SUANDA GROUP bersama instrumen sederhana yang terdiri dari gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden atau juru kawih.

Sejarah Tari Jaipong

Tarian Jaipong Jawa Barat

Dengan media kaset rekaman tanpa label selanjutnya (indi label) Jaipongan terasa didistribusikan secara swadaya oleh H Suanda di wilayah Karawang dan sekitarnya. Seperti  Situs sicbo online yang tak disangka Jaipongan mendapat sambutan hangat, sesudah itu Jaipongan menjadi fasilitas hiburan masyarakat Karawang dan beroleh apresiasi yang memadai besar dari segenap masyarakat Karawang dan menjadi fenomena baru di dalam ruang seni budaya Karawang, lebih-lebih seni pertunjukan hiburan rakyat.

Posisi Jaipongan pada sementara itu menjadi seni pertunjukan hiburan alternatif dari seni normalitas yang telah tumbuh dan berkembang lebih dulu di Karawang layaknya pencak silat, topeng banjet, ketuk tilu, tarling dan wayang golek. Keberadaan jaipong memberikan warna dan corak yang baru dan tidak serupa di dalam bentuk pengemasannya, terasa dari penataan pada komposisi musikalnya hingga di dalam bentuk komposisi tariannya.

Sebelum bentuk pertunjukan seni Indonesia ini muncul, tersedia sebagian efek yang melatarbelakangi terbentuknya tari pergaulan ini. Di kawasan perkotaan Priangan misalnya, pada masyarakat elite, tari pergaulan terbujuk dansa Ball Room dari Barat. Sementara pada kesenian rakyat, tari pergaulan terbujuk normalitas lokal. Pertunjukan tari-tari pergaulan tradisional tak terlepas dari keberadaan ronggeng dan pamogoran. Ronggeng di dalam tari pergaulan tidak lagi bermanfaat untuk aktivitas upacara, tetapi untuk hiburan atau langkah bergaul.

Seiring bersama memudarnya style kesenian di atas, mantan pamogoran (penonton yang berperan aktif di dalam seni pertunjukan Ketuk Tilu/Doger/Tayub) beralih perhatiannya nexus engine terbaru pada seni pertunjukan Kliningan, yang di tempat Pantai Utara Jawa Barat (Karawang, Bekasi, Purwakarta, Indramayu, dan Subang) dikenal bersama sebutan Kliningan Bajidoran yang pola tarinya maupun momen pertunjukannya membawa kemiripan bersama kesenian sebelumnya (Ketuk Tilu/Doger/Tayub).

lmdavalos.net

Kreatif Dan Hemat Pengeluaran, Ini Cara Bikin Bingkai Dari Kardus BekasKreatif Dan Hemat Pengeluaran, Ini Cara Bikin Bingkai Dari Kardus Bekas

Saat kardus bekas di tempat tinggal yang telah tidak terpakai, maka engkau bisa membuatnya jadi banyak sekali macam kerajinan tangan yang unik dan mempunyai nilai seni tersendiri.

Keliru satu kerajinan dari kardus yang paling praktis serta sederhana buat dicoba ialah menggunakan membentuk bingkai foto. Cara membuat bingkai foto berasal kardus mampu engkau lakukan, menggunakan memanfaatkan kardus bekas yg tidak terpakai.

Tidak hanya bisa dijadikan pajangan buat mempercantik tampilan foto famili cara membuat bingkai foto berasal kardus jua bisa dijadikan menjadi kado khas dan sang-oleh buat orang-orang tersayang.

Selain itu, manfaat baik berasal membuat bingkai foto menggunakan kardus bekas, maka engkau berkontribusi pada mengolah sampah atau barang-barang bekas yg tidak terpakai.

Cara menghasilkan bingkai foto dari kardus bisa menjadi solusi buat engkau yang ingin berhemat biaya pengeluaran.

Kalau engkau pikir membentuk bingkai foto akan menyulitkan, mungkin engkau galat. sebab masih poly cara yg praktis buat jadi lebih kreatif.

Alat dan Bahan membentuk Bingkai Foto

Sebelum mencoba menghasilkan bingkai foto slot deposit ovo asal kardus, maka yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah bahan-bahan yang akan dipergunakan:

– Kardus bekas, pilih kardus tebal yang kokoh dan bertenaga.

– Pisau pemotong serta gunting

– Pensil dan penggaris

– LemKertas rona-warni

– Kertas putih atau hitam

– Kertas kado aneka macam motif

– dan hiasan apapun yg kamu miliki.

Cara menghasilkan Bingkai Foto asal Kardus

1. Memotong Kardus

– Cara membuat bingkai foto asal kardus yg dilakukan pertama kali ialah, dengan memotong kardus terlebih dahulu.

– untuk membentuk bingkai foto, maka engkau memerlukan dua bagian kardus buat sisi depan jua sisi belakang. Langkah selanjutnya memotong lbr karton lebih akbar asal foto yang akan dibingkai. contohnya, Bila kamu memiliki foto menggunakan berukuran 12 x 8 cm, maka ukuran kardus yg dibutuhkan bisa berkisar 14 x 8 cm.

– sesudah kedua bagian kardus sudah terpotong rapih, maka langkah berikutnya adalah memotong bagian tengah galat satu kardus, kemudian lubang ini yang nantinya menjadi daerah fotomu ditampilkan.

– untuk berukuran lubangnya, engkau mampu menyesuaikan menggunakan ukuran foto yg akan engkau bingkai. misalnya Bila fotomu ukuran 12 x 8 cm maka kamu wajib melubangi bagian tengah kardus ini sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

– Langkah selanjutnya mulai membentuk garis 2 centimeter berasal tiap sisi kardus untuk membentuk lubang persegi panjang yg sempurna.

2. Memotong Bagian Tengah Kardus

– Cara membuat bingkai foto berasal kardus selanjutnya dengan memotong bagian tengah, memakai penggaris serta pisau cutter supaya garis rabat lebih rapi.

– potong dengan hati-hati supaya tidak merobek kardus.sehabis bagian depan selesai, engkau bisa membentuk inner liner atau garis pada bingkai.

– Inner liner ini sangat bermanfaat buat memperindah tampilan sekaligus memberi kesan rapi di bingkai. Inner liner ini sebenarnya hanya opsional, kamu mampu membuatnya atau tidak didesain.

– buat membuat inner liner, pangkas kertas putih atau hitam dengan ukuran yg sama mirip bingkai foto, pada model kali ini memakai ukuran 14 x 8 cm.

– Selanjutnya buat lubang yg lebih kecil dari ukuran foto yg akan dibingkai

3. Menghias Bingkai

– sesudah terselesaikan membuat kerangka bingkai, maka cara membuat bingkai foto dari kardus selanjutnya adalah menghias bingkai sinkron kreativitas serta keinginanmu.

– engkau pula mampu menghias bagian pinggir bingkai menggunakan hiasan yang akan kamu siapkan.

– Hiasan jua berupa benda yg sudah tidak terpakai atau barang sisa yg kamu miliki. contohnya, engkau mampu memanfaatkan kain perca untuk melapisi bingkai.

– Selain kain juga mampu memanfaatkan kertas bekas, contohnya kertas lipat, kertas kado, atau bahkan kertas koran. kamu pula mampu menempelkan manik-manik atau bunga kemarau pada bingkai sebagai hiasan.

– engkau bisa memanfaatkan lem glitter atau pita-pita yg kamu miliki.buat menempelkan semua ini gunakan jenis lem yang bertenaga mirip lem tembak atau lem putih agar hiasan dapat melekat sempurna di bingkai.

4. Buat Bagian Belakang Bingkai

– sehabis seluruh bagian depan bingkai selesai, maka dapat beralih ke bagian belakang bingkai.

– Susun bagian depan bingkai dan inner liner yang telah dibuat tersebut, kemudian rekatkan keduanya menggunakan lem.

– Tempelkan bagian belakang bingkai yg telah disiapkan, dan rekatkan tiap ujung sisinya. namun abaikan keliru satu ujungnya terbuka buat menggeser masuk dan keluar foto.

– setelah menempel, tuang foto yg dibingkai melalui sisi yg tak pada lem tersebut. engkau mampu mengeluarkan serta mengganti foto sesukamu di lalu hari.

5. Buat Penyangga atau Gantungan Bingkai

– Cara membentuk bingkai foto dari kardus ini, adalah langkah terakhir di mana engkau perlu membentuk penyangga atau gantung bingkai.

– sesudah bingkai dan foto menyatu, engkau perlu menambahkan penyangga supaya bingkai dapat berdiri.

– buat penyangga, pilihlah kardus yang tebal, kemudian pangkas menyerupai bentuk dasi mirip penyangga bingkai di umumnya.

– Tempelkan pada bagian tengah belakang bingkai, dan buat bingkai yg digantung, kamu mampu menempelkan tali pada ke 2 sisi atas bingkai dengan donasi lem tembak.