lmdavalos : Kesenian Daerah Di Indonesia Kesenian Indonesia Kreatif Dan Hemat Pengeluaran, Ini Cara Bikin Bingkai Dari Kardus Bekas

Kreatif Dan Hemat Pengeluaran, Ini Cara Bikin Bingkai Dari Kardus Bekas

lmdavalos.net

Saat kardus bekas di tempat tinggal yang telah tidak terpakai, maka engkau bisa membuatnya jadi banyak sekali macam kerajinan tangan yang unik dan mempunyai nilai seni tersendiri.

Keliru satu kerajinan dari kardus yang paling praktis serta sederhana buat dicoba ialah menggunakan membentuk bingkai foto. Cara membuat bingkai foto berasal kardus mampu engkau lakukan, menggunakan memanfaatkan kardus bekas yg tidak terpakai.

Tidak hanya bisa dijadikan pajangan buat mempercantik tampilan foto famili cara membuat bingkai foto berasal kardus jua bisa dijadikan menjadi kado khas dan sang-oleh buat orang-orang tersayang.

Selain itu, manfaat baik berasal membuat bingkai foto menggunakan kardus bekas, maka engkau berkontribusi pada mengolah sampah atau barang-barang bekas yg tidak terpakai.

Cara menghasilkan bingkai foto dari kardus bisa menjadi solusi buat engkau yang ingin berhemat biaya pengeluaran.

Kalau engkau pikir membentuk bingkai foto akan menyulitkan, mungkin engkau galat. sebab masih poly cara yg praktis buat jadi lebih kreatif.

Alat dan Bahan membentuk Bingkai Foto

Sebelum mencoba menghasilkan bingkai foto slot deposit ovo asal kardus, maka yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah bahan-bahan yang akan dipergunakan:

– Kardus bekas, pilih kardus tebal yang kokoh dan bertenaga.

– Pisau pemotong serta gunting

– Pensil dan penggaris

– LemKertas rona-warni

– Kertas putih atau hitam

– Kertas kado aneka macam motif

– dan hiasan apapun yg kamu miliki.

Cara menghasilkan Bingkai Foto asal Kardus

1. Memotong Kardus

– Cara membuat bingkai foto asal kardus yg dilakukan pertama kali ialah, dengan memotong kardus terlebih dahulu.

– untuk membentuk bingkai foto, maka engkau memerlukan dua bagian kardus buat sisi depan jua sisi belakang. Langkah selanjutnya memotong lbr karton lebih akbar asal foto yang akan dibingkai. contohnya, Bila kamu memiliki foto menggunakan berukuran 12 x 8 cm, maka ukuran kardus yg dibutuhkan bisa berkisar 14 x 8 cm.

– sesudah kedua bagian kardus sudah terpotong rapih, maka langkah berikutnya adalah memotong bagian tengah galat satu kardus, kemudian lubang ini yang nantinya menjadi daerah fotomu ditampilkan.

– untuk berukuran lubangnya, engkau mampu menyesuaikan menggunakan ukuran foto yg akan engkau bingkai. misalnya Bila fotomu ukuran 12 x 8 cm maka kamu wajib melubangi bagian tengah kardus ini sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

– Langkah selanjutnya mulai membentuk garis 2 centimeter berasal tiap sisi kardus untuk membentuk lubang persegi panjang yg sempurna.

2. Memotong Bagian Tengah Kardus

– Cara membuat bingkai foto berasal kardus selanjutnya dengan memotong bagian tengah, memakai penggaris serta pisau cutter supaya garis rabat lebih rapi.

– potong dengan hati-hati supaya tidak merobek kardus.sehabis bagian depan selesai, engkau bisa membentuk inner liner atau garis pada bingkai.

– Inner liner ini sangat bermanfaat buat memperindah tampilan sekaligus memberi kesan rapi di bingkai. Inner liner ini sebenarnya hanya opsional, kamu mampu membuatnya atau tidak didesain.

– buat membuat inner liner, pangkas kertas putih atau hitam dengan ukuran yg sama mirip bingkai foto, pada model kali ini memakai ukuran 14 x 8 cm.

– Selanjutnya buat lubang yg lebih kecil dari ukuran foto yg akan dibingkai

3. Menghias Bingkai

– sesudah terselesaikan membuat kerangka bingkai, maka cara membuat bingkai foto dari kardus selanjutnya adalah menghias bingkai sinkron kreativitas serta keinginanmu.

– engkau pula mampu menghias bagian pinggir bingkai menggunakan hiasan yang akan kamu siapkan.

– Hiasan jua berupa benda yg sudah tidak terpakai atau barang sisa yg kamu miliki. contohnya, engkau mampu memanfaatkan kain perca untuk melapisi bingkai.

– Selain kain juga mampu memanfaatkan kertas bekas, contohnya kertas lipat, kertas kado, atau bahkan kertas koran. kamu pula mampu menempelkan manik-manik atau bunga kemarau pada bingkai sebagai hiasan.

– engkau bisa memanfaatkan lem glitter atau pita-pita yg kamu miliki.buat menempelkan semua ini gunakan jenis lem yang bertenaga mirip lem tembak atau lem putih agar hiasan dapat melekat sempurna di bingkai.

4. Buat Bagian Belakang Bingkai

– sehabis seluruh bagian depan bingkai selesai, maka dapat beralih ke bagian belakang bingkai.

– Susun bagian depan bingkai dan inner liner yang telah dibuat tersebut, kemudian rekatkan keduanya menggunakan lem.

– Tempelkan bagian belakang bingkai yg telah disiapkan, dan rekatkan tiap ujung sisinya. namun abaikan keliru satu ujungnya terbuka buat menggeser masuk dan keluar foto.

– setelah menempel, tuang foto yg dibingkai melalui sisi yg tak pada lem tersebut. engkau mampu mengeluarkan serta mengganti foto sesukamu di lalu hari.

5. Buat Penyangga atau Gantungan Bingkai

– Cara membentuk bingkai foto dari kardus ini, adalah langkah terakhir di mana engkau perlu membentuk penyangga atau gantung bingkai.

– sesudah bingkai dan foto menyatu, engkau perlu menambahkan penyangga supaya bingkai dapat berdiri.

– buat penyangga, pilihlah kardus yang tebal, kemudian pangkas menyerupai bentuk dasi mirip penyangga bingkai di umumnya.

– Tempelkan pada bagian tengah belakang bingkai, dan buat bingkai yg digantung, kamu mampu menempelkan tali pada ke 2 sisi atas bingkai dengan donasi lem tembak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Mengenal Kesenian Daerah Papua Yang AestetikMengenal Kesenian Daerah Papua Yang Aestetik

Adat Papua Seni Kebudayaan Tradisional Tempat Papua Indonesia – Provinsi Papua yang terletak di ujung timur negara Indonesia mempunyai banyak kebudayaan yang unik dan menarik. Yuk, kita kenal kebudayaan Papua sebagai salah satu kekayaan tradisi indonesia seperti alat musik tradisionalnya, Tarian Tradisional dan kesenian lainnya yang terdapat di Papua. Baca juga tempat tamasya di Papua

Kesenian tradisional Papua senantiasa dapat memikat hati para wisatawan yang berkunjung ke kota dengan julukan Surga Kecil nan eksotis itu.

Mulai dari alat musik hingga tari tradisional, berikut ini kabar mengenai pelbagai kesenian tradisional khas Papua.

lmdavalos.net

Alat Musik Tradisional

Kesenian tradisional Papua yang pertama kali akan dibahas ialah alat musiknya. Alat musik tradisional khas Papua ini memang punya banyak variasi.

  • Alat Musik Tifa

Ketenaran alat musik Tifa, membikin kesenian tradisional Papua yang satu ini bahkan sudah menjadi ciri khas dari tempat hal yang demikian.

Tifa ialah alat musik dari batang kayu yang sudah dilubangi serta memakai kulit rusa kering pada salah satu ujung batang kayu hal yang demikian.

Instrumen dengan format menyerupai gendang ini dimainkan dengan metode dipukul dan kerap kali kali dipakai untuk mengiringi tarian perang.

  • Alat Musik Pikon

Kecuali Tifa, alat musik yang termasuk dalam kesenian tradisional Papua ialah Pikon. Ini ialah alat musik yang cenderung kerap kali dimainkan oleh laki-laki dikala acara adat atau pesta rakyat.

Dalam bahasa Baliem, kata Pikon atau Pikonane sendiri berarti bunyi.

Alat musik tradisional Papua ini lazimnya berasal dari suku Dani, yang mana masyarakat di suku hal yang demikian kerap kali memainkannya sesaat setelah berprofesi.

Menariknya, konon berdasarkan masyarakat yang kerap kali memainkan Pikon, menganggap apabila alat musik ini justru menciptakan bunyi yang fals.

Tari Tradisional

Tiap provinsi di Indonesia tentu saja mempunyai tarian tradisional sendiri sebagai bagian dari warisan yang diwariskan oleh para leluhurnya.

Nah, mengobrol mengenai kesenian tradisional Papua, kawasan yang terletak di Timur Indonesia ini punya banyak tarian yang kerap kali dipentaskan dikala pesta rakyat maupun upacara adat.

  • Tari Sajojo

Bisa dibilang Tari Sajojo ini ialah kesenian tradisional Papua yang paling dikenal di segala tanah air.

Tarian ini kerap kali dipertunjukkan dikala ingin menyambut tamu besar atau pelbagai acara penting lainnya di kawasan Papua.

Tari Sajojo ini punya konsep yang dinamis, di mana para penari baik pria maupun wanita akan secara bersama-sama melompat dan menghentakkan kakinya demikian itu alat musik pengiring, seperti Tifa sudah dimainkan.

  • Tari Fela Mandu

Berbeda dari Tari Sajojo, kesenian tradisional Papua berikutnya yang diartikan sebagai tarian perang ialah Tari Fela Mandu. Tarian ini diyakini berasal dari Puyo Kecil, suatu tempat di Sentani Tengah, Papua.

Tari Fela Mandu konon dijadikan oleh para leluhur, ialah orang-orang Amatali, Putali dan Abar, yang hendak pergi berperang kemudian mendapatkan kemenangan setelah sukses melawan orang-orang dari suku Sekori, Sebeya, dan Sewiron dari kawasan Abar, Sentani Tengah.

  • Tari Suanggi

Terakhir, kesenian tradisional Papua ialah Tari Suanggi. Tarian dari Papua Barat ini konon bercerita seputar seorang suami yang bersedih sebab ditinggal mati oleh istrinya.

Dalam kepercayaan suku Papua, kata “Suanggi” diartikan sebagai roh jahat. Makanya jangan heran apabila tarian tradisional yang satu ini punya nuansa magis sebab gerak tarinya seperti sedang melaksanakan ritual.

lmdavalos.net

Erick Thohir Minta YIA Gelas Pensi Dua Kali SemingguErick Thohir Minta YIA Gelas Pensi Dua Kali Seminggu

lmdavalos.net

Kementerian BUMN RI mendukung bandar udara menjadi etalase budaya. Langkah ini dikerjakan untuk kemajuan seni budaya, pariwisata, sampai membuka lapangan profesi bagi masyarakat.

Disamping itu, aset BUMN terjaga dan berkhasiat. Menteri BUMN Erick Thohir bahkan meminta bandar udara dapat menggelar kesenian dan kebudayaan di sana secara konsisten.

“Saya tanya kalau seminggu sekali bisa ada lomba budaya seperti ini. Supaya ada lowongan kerja,” kata Erick Tohir di Bandar Udara International Yogyakarta (YIA), Rabu (22/6/2022).

Hal ini bagian dari pemanfaatan optimal aset-aset BUMN. Aset BUMN tak hanya bangunan, melainkan juga kesanggupan masyarakat untuk menjangkaunya. Aset BUMN dapat diberi nasihat mendukung dan mendukung merk dan UMKM lokal. Erick Tohir menyayangkan jikalau ada bangunan berkelas melainkan tak ada pembauran dengan masyarakat.

“Aset bagus ini jangan hanya semacam bangunan yang jauh dari masyarakat. Bangun menawan melainkan kehidupan tak ada. Aku ini sentra pertemuan pelancong dari luar negeri dan dalam negeri. Ada perputaran di sana,” kata Erick.

“Kali ini kita dorong,” kata Erick dalam dialog budaya dengan para praktisi budaya DI Yogyakarta di YIA itu. Menteri Erick menyatakan, bandar udara salah satu yang representatif sebagai etalase budaya itu. Kecuali ini sejatinya sudah berlangsung semenjak Januari 2020 dalam application BUMN Merajut.

Kemudian, cara kerjanya tertunda sebab pandemi Covid-19. Malah dua tahun, ide itu kembali didorong. beberapa bandar udara membaik, seperti Jakarta yang meningkat sampai 70 persen, meski Yogyakarta menempuh 60 persen.

“Aku meminta pengelola bandar udara di bawah BUMN untuk mengaktifkan kembali ide permulaan, supaya bandar udara itu jadi cetak kebudayaan kita,” kata Thohir. Kecuali bandar udara, menurut Erick Thohir, aset milik PT Pos juga tengah dipikirkan, seperti kantor pos sentra Pasar di Jakarta, di Medan, di Bandung, maupun di Surabaya.

Aset yang sudah ada semenjak Zaman Belanda, sayang jikalau hanya berdiri sebagai bangunan megah semata. sentra belanja Sarinah sampai terlupakan sebagai etalase produk lokal.

Direktur Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi menyatakan, bandar udara sudah menyiapkan 3.000 meter persegi lokasi untuk UMKM dan etalase kesenian di YIA.

Seiring pertumbuhan penumpang pesawat karenanya bandar udara dioptimalkan, termasuk mendukung kesenian dan kebudayaan, melainkan juga UMKM. “Kita dapat maju bersama dan memberi warna baru bahwa bandar udara di Indonesia ramah budaya dan ikut serta mengoptimalkan kesenian,” kata Faik Fahmi.

lmdavalos.net

Festival Budaya Minangkabau 2022 Digelar Di JakartaFestival Budaya Minangkabau 2022 Digelar Di Jakarta

Masyarakat Minangkabau yang tinggal di perantauan dan berharap melepas rindu akan kampung halaman, mungkin dapat berwisata akhir pekan dengan mengunjungi Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022.

Festival akan digelar selama tiga hari berturut-ikut, yakni pada 22-24 Juli 2022, atau hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Acaranya akan dimulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

Acara besar yang diadakan perkumpulan orang Minangkabau ini kembali hadir di Lapangan Bola Mesjid Agung Al-Azhar. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk dikenal, festival ini juga menjadi gelanggang reuni bagi para warga suku Minangkabau. Masyarakat Jakarta yang berharap mengetahui kultur Minangkabau juga dapat datang.

Kecuali itu, terdapat beraneka penampilan kesenian, kultur, dan sajian kuliner khas kota Rendang.

lmdavalos.net

Kesenian dan kuliner di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022

Selama aktivitas, ada beraneka macam penampilan kesenian khas Minangkabau yang dapat dirasakan pengunjung.

Di antaranya yakni Rabab Darek, Dendang Saluang, Salawat Dulang, Randai, Silek Tuo Minang, Tarian 3 Luhak, parade gandang tasa, pawai obor, dan stand up comedy Minang.

Kecuali itu, ada Musikalisasi Minang, teater, talkshow, seminar UMKM Minang, demo masak, permainan tradisional Minangkabau, Karnaval Muda Mudi Minangkabau.

Ada pula Fashion show by designer Minangkabau, pertunjukan musik tradisional Minang, penampilan rapper dan beatbox Minang, opera komedi Minang, sampai laga nyanyian pop Minang.

Kecuali pertunjukan kesenian, pengunjung juga akan dapat merasakan beraneka sajian kuliner khas Minangkabau.

Beberapa di antaranya yakni nasi kapau, sate padang, bubur Jawara, Lamang Tapai, Itiak Lado Ngarai Bukittinggi, Bika Padang, Es Tebak Kuliner Luhak Agam, Kuliner Luhak 50 Koto, dan Kuliner Luhak Tanah Datar.

Acara ini juga akan dihadiri oleh beraneka Tokoh Minang seperti penggiat seni, penggiat seni, usahawan, penjabat tempat Sumatera Barat, sampai penjabat lembaga negara yang berdarah Minang.

“Ayo ajak saudara, sahabat, karib kerabat, komunitas, untuk datang menyaksikan Sumarak Alek Minang di Tanah Perantau,”

Adapun bagus warga Minangkabau maupun masyarakat umum yang berharap datang, segala tidak dikenakan biaya karcis masuk.

Festival Kampung Kuliner Minangkabau 2022

Panggung Seni Budaya dan Kuliner Legendaris Malapeh Rindu Kampuang Halaman

Dimeriahkan oleh berbagai Pertunjukan Kesenian Tradisional Minangkabau, artis-artis Minang dan Kuliner Legendaris Minangkabau yang di datangkan Langsung dari Sumatera Barat

Kuliner Legendaris Minangkabau & Diselingi oleh berbagai pertunjukan kesenian khas Minangkabau :

  • Pawai Budaya Minangkabau
  • Arakan Bajamba
  • Tarian Tradisional
  • Permainan Anak Nagari
  • Pertunjukan Silat dan Tari
  • Permainan KIM
  • Rabab dan Saluang
  • Seminar Budaya

Minangkabau Fashion Show dan Food Festival 2022 :

  • Pertunjukan Randai
  • Sulap / Magic Show
  • Explore Minangkabau

Tiket Masuk Gratis alias Perai dan terbuka untuk Umum Sebarkan ka Urang Awak!