Kesenian Indonesia Yang Mendunia

lmdavalos.net

Setiap hari, disadari atau tidak, semua yang kita lakukan dan lakukan hampir seluruhnya berkaitan dengan seni.

Sistem kita melihat dan melakukan sesuatu juga merupakan seni karena masing-masing dari kita memiliki selera, pandangan, asumsi kita sendiri tergantung pada sudut pandang kita masing-masing dalam menggambar resume.

Seni itu sendiri memiliki cakupan yang cukup luas yang tidak dapat dikendalikan dengan penjelasan secara literal.

lmdavalos.net

1. Seni Tari

Tari Tradisional Serimpi

Tari serimpi merupakan tarian tradisional yang menjadi identitas Yogyakarta dalam bidang seni gerak. Pada zaman dahulu tarian ini selalu dibawakan untuk menyambut setiap pergantian Raja di Jawa Tengah. Ciri khas dari tari serimpi ini adalah setiap penari wanita mengenakan gaun pengantin layaknya seorang putri keraton.

Tarian tradisional pendet

Tari Pendet merupakan tarian yang sudah tidak asing lagi bagi setiap wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kesenian Bali ini ditarikan oleh beberapa remaja putri yang akan membawa mangkok perak berisi bunga. Di akhir acara, bunga-bunga ini akan ditaburkan ke arah penonton sebagai ucapan selamat datang.

2. Seni

Batik

Batik adalah kain yang dihias dengan menggunakan canting atau printing. Teknik membatik merupakan salah satu ciri khas dari berbagai kesenian daerah di Indonesia. Batik yang paling terkenal saat ini adalah batik Solo dan batik Pekalongan. Ciri khas dari batik ini adalah adanya motif atau ukiran yang khas pada sebuah kain.

Menenun

Tenun juga merupakan salah satu kesenian Indonesia yang terkenal. Hanya saja tenun memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Jadi umumnya hanya orang terlatih yang bisa menenun.

Melukis Badai Akan Berlalu

Lukisan ini adalah karya Affandi yang artinya seseorang yang ingin menjalani hidup. Makna ini juga tercermin dalam lukisannya yang berisi perahu dan matahari.

Lukisan Penari dari Bali

Rutamadji adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di berbagai seni di Indonesia, khususnya seni rupa. Rutamadji adalah seorang maestro asal Jawa Tengah yang telah banyak membuat lukisan, salah satu lukisan Penari di Bali yang membuktikan karya seorang penari Bali yang dimiliki oleh Indonesia.

3. Seni musik

Musik Sasando Gong

Musik tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang terletak di Pulau Rote. Musik ini dibuat dari memainkan alat musik yang disebut sasando. Musik ini dimainkan saat upacara penyambutan tamu dan sebagai hiburan saat ada acara yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat.

Musik Perkusi Salimpat

Lampung adalah pemilik musik Salimpat Tabuh ini. Musik ini dicirikan oleh musiknya yang penuh dengan ketukan dan kutipan. Dalam permainan musik ini, alat musik yang ditampilkan adalah kecapi dan lunik gambus.

Musik Musik Humming Jolo

Senandung Jolo adalah salah satu dari berbagai tempat kesenian di Jambi yang terletak di Muara Sabak. Musik ini dimainkan pada saat acara Padi Bersatu yaitu acara turun sawah untuk menanam padi di sawah.

Musik tradisional Laras Madya dan Santi Swara

Di pinggiran Jawa Tengah, musik laras madya dan santi swara terkenal dengan perpaduan musiknya yang membuat musik ini benar-benar harmonis. Perpaduan antara rebana, kendang, keanak dan bogem menjadikan musik yang dicirikan sebagai paduan suara lagu. Musik ini diterapkan sebagai musik khusus untuk mengiringi doa.

4. Seni Teater

Sanghyang

Sanghyang merupakan jenis kesenian daerah dalam bidang teater yang dipadukan dan dipadankan dengan tari. Seni teater ini berasal dari pulau Bali. Sanghyang tidak hanya seni teater tetapi juga budaya yang memiliki makna khusus.

Lenong

Kesenian lenong ini memang sudah diakui sebagai kesenian yang lahir dari tempat asal Betawi. Lenong dicirikan dengan penerapan bahasa yang kental dengan logat Betawi serta sarat akan lelucon dan cerita menghibur yang akan menghibur penontonnya.

Reog

Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari Ponorogo. Dalam pertunjukan reog, tidak ada dialog yang diucapkan oleh para pemainnya. Namun, reog secara konsisten dapat digolongkan sebagai seni teater di Indonesia. Reog memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenali. Selama pertunjukan reog, para pemain akan mengenakan topeng besar dan tinggi menyerupai wajah singa.

5. Seni Sastra

Timun Mas

Dongeng merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang dijadikan sebagai karya seni sastra. Dongeng ini menceritakan tentang seorang janda yang menerima bayi dari biji mentimun bernama Timun Mas dari seorang raksasa. Raksasa ini diberi nama buto ijo dan akan dibawa kembali pada usia bayinya yang ke-17.

Dongeng Kancil dan Buaya

Dongeng ini menceritakan tentang kecerdikan seekor kancil yang berhasil lolos dari ancaman buaya yang ingin memakannya. Namun karena kecerdikan kijang, buaya hanya dijadikan sarana bagi kancil untuk menyeberangi sungai.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Kaligrafer Kashmir Tuliskan seluruh Isi Al-Qur’an pada Gulungan Kain 500 MeterKaligrafer Kashmir Tuliskan seluruh Isi Al-Qur’an pada Gulungan Kain 500 Meter

Seseorang kaligrafer belia di Kashmir India menuliskan seluruh isi Al-Qur’an di gulungan kain sepanjang 500 meter. hasil karyanya dipamerkan di sebuah masjid pada ibu kota isu terkini panas wilayah federal Srinagar sejak akhir Juli lalu.

Selesaikan Kaligarafi Al-Qura’an Dalam 6 Bulan

Kaligrafer bernama Mustafa Jameel ini menyelesaikan kaligrafi seluruh Al-Qur’an pada ketika enam bulan.

laki-laki berusia 27 tahun itu mengaku, minatnya pada seni menulis latif itu ada sesudah menghasilkan kaligrafi sebuah surah. beliau begitu menikmati prosesnya sehingga akhirnya memutuskan buat membuat kaligrafi seluruh buku kudus itu.

“Awalnya, saya mulai memperbaiki goresan pena tangan aku . selesainya goresan pena tangan aku membaik, aku melihat hal baru. aku terkejut bahwa bahkan saya ternyata bisa menulis menggunakan sangat indah . saat aku mulai menulis Al-Qur’an … saya hanya mengikuti cita-cita saya … poly apresiasi berasal orang-orang sehingga akhirnya aku mendalaminya,” jelasnya.

tidak banyak yg tahu bahwa di awalnya Jameel ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi tidak lulus matrikulasi. ia acapkali diejek sang famili serta komunitasnya. Ejekan itu justru mendorongnya melakukan sesuatu yg di luar kebiasaan.

Younis Mustafa, seseorang kerabat Jameel, mengaku kagum. “ia membutuhkan saat tiga bulan buat menulis Al-Qur’an dan satu bulan lagi dikhususkan buat merancang pinggirannya. Persiapan bahan yang digunakan dalam proyek ini membutuhkan saat dua bulan karena bahan bakunya tidak tersedia di sini. Kami suka bahwa Allah memilihnya buat tujuan ini,” komentarnya.

Habiskan 3000 USD

Proyek ini menghabiskan biaya 2,4 lakh rupee atau sekitar $3000 serta diselesaikan di New Delhi.

Rekor yang dicetak Jameel akan segera dimasukkan ke Asian Book of Records, Indian Book of Records, dan International Book of Records.

Rekor global buat tulisan tangan Al-Qur’an terbesar ketika ini dipegang oleh Saad Mohammed, seseorang seniman Mesir.

Kaligrafi pada Kashmir artinya seni antik. Seni itu seakan terlupakan selama masa pemberontakan tetapi pulang bangkit pada beberapa tahun terakhir.

lmdavalos.net

Warisan Budaya Asli IndonesiaWarisan Budaya Asli Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman warisan adat istiadat yang dapat menjadi nilai rtp live penting bagi bangsa Indonesia dan cocok untuk dilestarikan. Tidak hanya mempunyai warisan adat istiadat yang unik, tapi bermacam kebudayaan milik bangsa Indonesia juga telah mendunia.

lmdavalos.net

1. Tari Kecak

Tari Kecak tercipta dari perpaduan seni, adat istiadat, dan kisah mistik. Tari Kecak adalah salah satu tarian yang paling populer bagi pelancong yang berkunjung ke Bali. Keunikan Tari Kecak adalah hanya dengan melantunkan bunyi “cak,cak,cak” secara tegas dan berulang-ulang hingga mempunyai irama, dan dengan gerakan tangan para penari yang kompak, lama kelamaan kamu akan merasa terhipnotis. Pada dikala tarian sedang berlangsung, kamu akan disuguhkan pertunjukan teater singkat tentang cerita Rama dan Shinta.

2. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah pertunjukan seni yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Kota Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, sosok dalam pertujukan reog. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih betul-betul kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Dalam seni pertunjukan reog umumnya tidak meniru skenario yang telah disusun dan kadang kala ada interaksi antara pemain reog dan penonton.

Pemain Reog Ponorogo menggunakan topeng yang cukup besar, beratnya dapat menempuh 50 kilogram dan topeng tersebut disangga hanya menggunakan gigi. Mungkin hal ini terdengar tidak nyata, tapi hal ini dapat terjadi sebab latihan jasmani serta latihan secara spiritual.

3. Tari Pendet

Selain Tari Kecak, Bali juga mempunyai Tari Pendet. Tari Pendet adalah tarian tertua di Pulau Dewata, diperkirakan telah ada semenjak tahun 1950. Selain berfungsi sebagai tarian ucapan selamat datang, juga adalah tarian untuk ritual keagamaan. Tarian ini dibawakan oleh putri dan sang penari juga membawa mangkuk perak yang berisikan bunga. Kebudayaan autentik Indonesia ini pertama kali dipentaskan ke dunia dikala kancah Asean Games tahun 1960 yang dibuka oleh Presiden Soekarno.

4. Gamelan

Seni kebudayaan Indonesia lainnya yang populer di pentas dunia adalah Gamelan. Gamelan sendiri adalah musik ansambel tradisional Jawa, Sunda, dan Bali di Indonesia yang mempunyai tangga nada pentatonis dalam cara tangga nada (laras) slendro dan pelog.

Ada banyak instrumen untuk melengkapi ansambel Gamelan mulai dari gangsa, gender, bonang, gong, saron, slenthem, gambang, seruling, rebab hingga kendhang yang dimainkan dengan tangan. Sebagai komplementer musik gamelan juga diiringi merdunya Sindhen yang melantunkan lagu-lagu khas.

5. Noken

Warisan Kultur Indonesia yang kelima adalah noken. Noken adalah sebutan yang dipakai untuk ransel rajut tradisional yang berasal dari Papua. Noken sendiri telah diakui di bermacam dunia sebagai bagian dari adat istiadat provinsi yang letaknya paling timur dari negara Indonesia tersebut.

Pembuatan dari noken sendiri kian berkurang dikarenakan beratnya kompetisi dengan ransel yang dijadikan secara massal di pabrik serta susahnya untuk mencari dan mendapatkan bahan baku untuk membuatnya. ini yang menyebabkan nilai adat istiadat yang ada menjadi luntur.

lmdavalos.net

Kesenian Reog Ponorogo Hampir Punah, Kenapa?Kesenian Reog Ponorogo Hampir Punah, Kenapa?

lmdavalos.net

Reog Ponorogo Kesenian Indonesia Yang Mendunia

Reog Ponorogo termasuk komponen sejarah dan tradisi Indonesia. Reog Ponorogo yakni kesenian yang berasal dari Kota Ponorogo, Jawa Timur, dengan ciri khas Barong, Bujang Ganong, Warok, dan tarian Jathilan. Reog Ponorogo acap kali ditampilkan dalam kesenian, pentas tradisi, dan acara tertentu.

Sejarah Pendek Reog Ponorogo

Cerita Reog Ponorogo bermula dari Raja Kelana Suwandana yang mau melamar putri Kerajaan Kediri. Nama putri hal yang demikian yakni Dewi Ragil Kuning atau Putri Sanggalangit. Ketika melakukan perjalanan untuk melamar sang putri, sang raja dicegah oleh Raja Kediri bernama Singabarong. Kehadiran Raja Kediri ini disertai pasukan tentara, yang terdiri dari binatang singa dan burung merak.

Reog Ponorogo Di Klaim Malaysia

Artis yang tergabung dalam Bolo Reog Ponorogo menggelar aksi unjuk tradisi di depan kantor DPRD Jawa Timur. Aksi hal yang demikian digelar sebagai tanggapan atas klaim Malaysia kepada kesenian tradisi Reog Ponorogo.

Hamy Wahjunianto salah seorang Koordinator Regu Pengusul Pertunjukan Kesenian Reog yang ditugasi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo memperkenalkan orasi bertemakan Reog Ponorogo to ICH (Intangible Cultural Heritage/ Warisan Budaya Takbenda) UNESCO.

Menurutnya selama kesenian orisinil Jawa Timur itu belum sah teregistrasi sebagai ICH di UNESCO maka usaha Malaysia untuk mengklaim berulang kapan bahkan.

“Maka dari itu kami mendesak Pemerintah Republik Indonesia untuk mengusulkan Meski Pertunjukan Reog Ponorogo pada Siklus 2023, sebab kondisinya terancam punah,” ungkap Hamy dalam audiensi bersama Pimpinan Komisi E dan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Jawa Timur.

Hamy melanjutkan, sedikitnya terdapat empat alasan seni pertunjukan Reog Ponorogo disebut terancam punah. “Pertama, generasi muda lebih beratensi belajar seni tari modern dan menonton seni pertunjukan lainnya di YouTube,” katanya.

Kedua, Reog tidak bisa diekspresikan di ruang publik selama pandemi Covid-19 sehingga apresiasi masyarakat kepada seni pertunjukan reog di ruang publik kian menurun drastis.

“Ketiga, para pegiat Reog Ponorogo kini banyak kehilangan mata pencarian dan profesi sehingga beralih ke profesi lain,” bebernya.

Keempat, kesusahan bahan baku untuk perlengkapan Reog Ponorogo berupa bulu burung Merak. Hari ini diupayakan dari luar Ponorogo dan melakukan penangkaran Merak.

Kata Hamy, percobaan mengusulkan Reog Ponorogo ke dalam daftar ICH UNESCO belum menemukan hasil sejak tahun 2018.

“Tanda menurut penjelasan paragraf ke-34 Proses Budaya Konvensi 2003 tentang Pelindungan Warisan Budaya Takbenda, berkas nominasi seni pertunjukan Reog Ponorogo seharusnya memperoleh prioritas pertama untuk diperiksa pada sesi ke-18 Komite Antar-Pemerintah pada tahun 2023,” terangnya.

Maka dari itu pihaknya mendesak agar seni pertunjukan Reog Ponorogo sebagai warisan tradisi orisinil Indonesia segera diperjuangkan untuk masuk dalam ICH UNESCO.