lmdavalos : Kesenian Daerah Di Indonesia Berita Selebriti,Kesenian Indonesia Festival Budaya Minangkabau 2022 Digelar Di Jakarta

Festival Budaya Minangkabau 2022 Digelar Di Jakarta

lmdavalos.net

Masyarakat Minangkabau yang tinggal di perantauan dan berharap melepas rindu akan kampung halaman, mungkin dapat berwisata akhir pekan dengan mengunjungi Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022.

Festival akan digelar selama tiga hari berturut-ikut, yakni pada 22-24 Juli 2022, atau hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Acaranya akan dimulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

Acara besar yang diadakan perkumpulan orang Minangkabau ini kembali hadir di Lapangan Bola Mesjid Agung Al-Azhar. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk dikenal, festival ini juga menjadi gelanggang reuni bagi para warga suku Minangkabau. Masyarakat Jakarta yang berharap mengetahui kultur Minangkabau juga dapat datang.

Kecuali itu, terdapat beraneka penampilan kesenian, kultur, dan sajian kuliner khas kota Rendang.

lmdavalos.net

Kesenian dan kuliner di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022

Selama aktivitas, ada beraneka macam penampilan kesenian khas Minangkabau yang dapat dirasakan pengunjung.

Di antaranya yakni Rabab Darek, Dendang Saluang, Salawat Dulang, Randai, Silek Tuo Minang, Tarian 3 Luhak, parade gandang tasa, pawai obor, dan stand up comedy Minang.

Kecuali itu, ada Musikalisasi Minang, teater, talkshow, seminar UMKM Minang, demo masak, permainan tradisional Minangkabau, Karnaval Muda Mudi Minangkabau.

Ada pula Fashion show by designer Minangkabau, pertunjukan musik tradisional Minang, penampilan rapper dan beatbox Minang, opera komedi Minang, sampai laga nyanyian pop Minang.

Kecuali pertunjukan kesenian, pengunjung juga akan dapat merasakan beraneka sajian kuliner khas Minangkabau.

Beberapa di antaranya yakni nasi kapau, sate padang, bubur Jawara, Lamang Tapai, Itiak Lado Ngarai Bukittinggi, Bika Padang, Es Tebak Kuliner Luhak Agam, Kuliner Luhak 50 Koto, dan Kuliner Luhak Tanah Datar.

Acara ini juga akan dihadiri oleh beraneka Tokoh Minang seperti penggiat seni, penggiat seni, usahawan, penjabat tempat Sumatera Barat, sampai penjabat lembaga negara yang berdarah Minang.

“Ayo ajak saudara, sahabat, karib kerabat, komunitas, untuk datang menyaksikan Sumarak Alek Minang di Tanah Perantau,”

Adapun bagus warga Minangkabau maupun masyarakat umum yang berharap datang, segala tidak dikenakan biaya karcis masuk.

Festival Kampung Kuliner Minangkabau 2022

Panggung Seni Budaya dan Kuliner Legendaris Malapeh Rindu Kampuang Halaman

Dimeriahkan oleh berbagai Pertunjukan Kesenian Tradisional Minangkabau, artis-artis Minang dan Kuliner Legendaris Minangkabau yang di datangkan Langsung dari Sumatera Barat

Kuliner Legendaris Minangkabau & Diselingi oleh berbagai pertunjukan kesenian khas Minangkabau :

  • Pawai Budaya Minangkabau
  • Arakan Bajamba
  • Tarian Tradisional
  • Permainan Anak Nagari
  • Pertunjukan Silat dan Tari
  • Permainan KIM
  • Rabab dan Saluang
  • Seminar Budaya

Minangkabau Fashion Show dan Food Festival 2022 :

  • Pertunjukan Randai
  • Sulap / Magic Show
  • Explore Minangkabau

Tiket Masuk Gratis alias Perai dan terbuka untuk Umum Sebarkan ka Urang Awak!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Kesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal Dunia

Kesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal DuniaKesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal Dunia

Boneka bayangan tradisional identik dengan budaya Jawa. Kulit Wayang dikembangkan secara luas di wilayah Jawa, tepatnya di Jawa Tengah dan Timur. Wayang mengatakan dia tahu bahwa dia berasal dari ‘Ma Hyang’, yang berarti mengatasi semangat spiritual, para dewa atau kekuatan. Meski begitu, ada juga yang mengatakan bahwa pergelangan tangan berasal dari teknik sampel yang didasarkan pada naungan di layar. Kulit pergelangan tangan terbuat dari daun kerbau yang telah dikeringkan. Sementara bagian siku terbuat dari tanduk kerbau yang terhubung ke sekrup sehingga pass boneka lebih dinamis. Sejarah populer mengatakan dalang dalam pertunjukan pertunjukan kesenian tari kecak Indonesia adalah Mahabrrata atau Ramayana.

Kesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal Dunia

Wayang kulit adalah warisan budaya bernilai tinggi, karena seni kriminal, dan bergabung dengan sastra, seni musik, seni yang indah. Tidak hanya yang terkenal di Indonesia, kulit boneka telah dikenal di mata dunia yang dibawa oleh Ki Purbo Assormo Pedalang. Berkat-berkatnya, sekarang boneka itu mulai populer di beberapa negara Asia di Eropa, termasuk Prancis, Yunani, Jepang, Inggris, Austria, Thailand, Singapura, Bolivia, dan Amerika. Keberadaan agen casino online kulit yang diakui oleh UNESCO slot 888 sebagai pekerjaan budaya yang luar biasa di bidang cerita naratif dan warisan budaya yang indah dan berharga.

Kesenian Wayang Indonesia Sebagai Salah Satu Identias Bangsa

Pertunjukan boneka biasanya dimainkan oleh otak di balik kain putih atau warna yang menonjol oleh lampu listrik untuk menghasilkan bayangan gerakan boneka. Mastermind juga berfungsi sebagai narator dialog dalam angka-angka Infasinary. Secara umum, orang yang menjadi otak dalam zaman kuno adalah orang-orang live baccarat online yang dihormati, berpengetahuan luas dan juga berpendidikan agen slot pragmatic play. Bekerja sebagai kelompok memprediksi sebagai sesuatu yang luhur. Didampingi oleh musik gamelan yang khas oleh sekelompok Nayaga, juga lagu yang dinyanyikan oleh Sinden, kebanyakan wanita, boneka hampir selalu berhasil sehingga penonton diseret.

Pertunjukan kulit boneka juga tidak dapat dipisahkan sebagai ajaib, sehingga tawaran atau persembahan harus dalam setiap pertunjukan. Umumnya menawarkan dalam bentuk ayam desa dengan kerucut beras, kopi, buah, bersama dengan produk lainnya. Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah asap pembakaran dupa. Seiring dengan waktu dari www.daftarslot-online.com, banyak yang menganggap penawaran atau persembahan sebagai satu hal yang berlebihan atau terbuang. Karena itu, sekarang ada banyak boneka yang benar-benar menawarkan persembahan kepada para penonton untuk makan bersama, jadi, karena tidak sia-sia.

lmdavalos.net

Siapkan Pekerja Seni Untuk Masuk Pasar Digital, Teten: NFT Bisa DimanfaatkanSiapkan Pekerja Seni Untuk Masuk Pasar Digital, Teten: NFT Bisa Dimanfaatkan

Pelaku seni rupa, pertunjukan, animasi serta film perlu disiapkan masuk pasar digital. Dorongan itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan pelaku seni mirip dari kalangan seni rupa, pertunjukan, animasi, dan film wajib disiapkan masuk ke dalam pasar digital.

“saat ini, ekonomi kreatif (ekraf) termasuk pelaku seni pada dalamnya, menjadi keliru satu kekuatan ekonomi di Indonesia,” ujar dia di Yogyakarta, Jawa Tengah, lewat informasi resmi

di Indonesia, Menkop menganggap sektor seni budaya bisa menjadi unggulan domestik yang bisa diperkuat.

Hal tersebut guna memanfaatkan nilai ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai Rp5.400 triliun di tahun 2030.

sesuai data Badan sentra Statistik tahun 2017, pertumbuhan ekraf mencapai 5,06 % menggunakan donasi terhadap Produk Domestik Bruto sebanyak 7,24 %.

“saat ini, ekonomi kreatif (ekraf) termasuk pelaku seni di dalamnya, menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia,” ujar dia pada Yogyakarta, Jawa Tengah, lewat liputan resmi, Jakarta, Rabu.

Adapun secara keseluruhan, proyeksi PDB ekraf mencapai Rp1.274 triliun di tahun 2021.

“Kita sudah masuk era digital, serta sekarang terdapat Non Fungible Token (NFT) yang bisa dimanfaatkan oleh sahabat-sahabat pelaku seni,” ucap Menkop.

Kehadiran teknologi digital membentuk gaya hayati di seluruh global hampir seragam.

“Siapa yang punya penetrasi bertenaga buat masuk ke dalam gaya hidup global maka wajib mampu memilih, apakah mau menjadi followers atau animo setter (pencipta tren),” ungkapnya.

berdasarkan Teten, pelaku ekraf harus mempunyai kemampuan membentuk narasi yg bertenaga tentang aktivitas seni di dalam ekosistem digital mengingat setiap negara sedang mencari keunggulan domestik masing-masing.

Seni pada tanah air bisa terus bertumbuh sebagai akibatnya berdampak terhadap perekonomian bangsa.

”semua lembaga global memprediksi, Indonesia akan menjadi lima negara besar dunia jika mengunjungi bocoran rtp live hari ini pada tahun 2045 sehabis Amerika, China, dan India. Kita wajib menyiapkan mentalitas negara maju, bukan lagi inlander bukan lagi imperior, wajib siap sebagai negara maju,” kata Teten.

lmdavalos.net

Mengenal Warisan Budaya IndonesiaMengenal Warisan Budaya Indonesia

Indonesia denagn julukan Negara Seribu Pulau memiliki banyak sekali keberagaman seni, seperti adat istiadat, bahasa daerah, tari daerah, dan masih banyak lagi. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia dikenal oleh dunia.

lmdavalos.net

Banyaknya adat istiadat yang berbeda dari berbagai daerah, membuat turis lokal bahkan internasional kagum. seperti halnya Bali yang sudah mendunia, karena keindahan alam dan adat yang selalu terjaga turun termurun. Hal ini merupakan bukti bahwa Indonesia sangat kaya akan keberagaman budaya.

Tari Barong Bali

Seni Pertunjukan tari tradisional Bali yang pertama adalah Tari Barong. Pertunjukan Tari Barong Gianyar bali ini sudah dikenal masyarakat luas sejak 1930. Tari Barong dalam kepercayaan masyarakat Bali dikenal sebagai malaikat pelindung yang berwujud singa sebagai Raja Roh.

Pencak Silat

Tidak hanya tarian, Pencak Silat juga menjadi sorotan dunia. Bahkna Pencak Silat ditetapkan sebagai “Warisan Dunia Tak Benda” oleh UNESCO. Seni bela diri pencak silat dipercaya sebagai elemen yang membentuk warisan budaya Indonesia. Menurut kacamata dunia, pencak silat menjadi peran penting dan juga kontribusi dalam pengenalan budaya Indonesia ke dunia internasional.

Angklung

Angklung merupakan alat musik khas Jawa Barat yang terbuat dari susunan bambu. Cara memainkan angklung cukup mudah, Penguna hanya perlu menggoyangkna angklung agar mengeluarkan bunyi yang diinginkan. Alat musik satu ini juga masuk ke dalam daftar UNESCO pada tahun 2010 dengan kategori ” Warisan Budaya Tak Benda”

Tari Kecak Bali

Jika berbicara tentang Bali maka tarian yang satu ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat luas juga internasional. Tari Kecak Bali di peragakan oleh 50-70 orang penari yang memenuhi panggung pertunjukan. Ciri khas dari tarian ini adalah suara musik gamelan dan suara para penari yang berteriak mengikuti irama musik gamelan.

Wayang Kulit Jawa Tengah

Wayang Kulit merupakan kesenian khas Jawa Tengah. sesuia dengan namanya, Wayang Kulit terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang sudah dibersihkan kemudian dikeringkan untuk selanjutnya dibentuk menjadi wayang.

Pertunjukkan Wayang kulit biasa dilakukan pada malam hari. Dalang sebagai pendongeng, akan menceritakan kisah dari karakter yang dibawakan. Ada juga sinden yang bertugas mengisi nyanyian untuk mengiringi dalang saat bercerita.


Tari Saman Aceh

Aceh dikenal sebagai daerah yang memiliki penganut muslim terbanyak. Bahkan hukum disana pun masih mengikuti hukum Islam zaman dulu. Walaupun begitu, tak menutupi kemungkinan untuk Aceh bisa terkenal di kacamata internasional. Tari Aceh sudah ada sejak abad ke 17 Masehi dikembangkan oleh Muhammad As-Saman.