lmdavalos : Kesenian Daerah Di Indonesia kesenian Fakta Menarik Reog Ponorogo, Kesenian Diklaim Malaysia

Fakta Menarik Reog Ponorogo, Kesenian Diklaim Malaysia

Fakta Menarik Reog Ponorogo

Malaysia membuat gempar Indonesia dengan aksinya yang ingin mengklaim salah satu kesenian budaya milik Nusantara. Baru-baru ini ramai menjadi perbincangan publik terkait isu kesenian budaya Reog Ponorogo yang bakal dicatut atau diklaim oleh Malayasia

Sontak saja hal ini membuat masyarakat Indonesia gempar dan geram, tak terkecuali khususnya para seniman Reog Ponorogo di Jawa Timur. Bahkan, tak sedikit yang melakukan banyak protes secara langsung ke Negeri Jiran. Setelah gagal pernah mengklaim lagu Rasa Sayange pada kala itu, Malaysia tak henti untuk mencoba mengklaim kesenian milik Indonesia lainnya. Pada tahun 2007, Malaysia rupanya pernah mengklaim pertama kalinya kesenian asal Jawa Timur ini, yakni Reog Ponorogo sebagai kesenian negara mereka.

Dan sekarang terulang lagi, Malaysia berencana untuk mengajukan bahwa Reog Ponorogo sebagai warisan dunia UNESCO miliknya. Isu tersebut pun berhasil membuat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku kaget ketika menerima kabar bahwa Malaysia mengklaim dan mendaftarkan Reog Ponorogo ke UNESCO. Padahal, kata dia, Reog merupakan kesenian asli Ponorogo dan sudah didaftarkan ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia. Melansir dari VIVA.co,id, Khofifah juga sudah merespons hal tersebut dan segera langsung meminta Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko agar mengumpulkan dokumen-dokumen akademik slot server thailand no 1 soal kesenian Reog Ponorogo. Dokumen tersebut akan dijadikan bukti ke UNESCO bahwa Reog Ponorogo asli dari Indonesia.

Fakta-fakta menarik Reog Ponorogo

1. Mengenal Kesenian Reog Ponorogo

Kesenian Reog Ponorogo biasanya dilakoni oleh beberapa karakter, seperti Bujang Ganong, Singo Barong, Klono, Warok dan Jathil yang ikut memeriahkan kesenian tersebut. Tarian Reog Ponorogo Jawa Timur ini memiliki sejarah dan makna tersendiri yang perlu orang Indonesia ketahui.

2. Salah Satu Kesenian Indonesia yang Dikenal Hingga Kancah Internasional

Saking menariknya sejarah dan karakter-karakter pada tarian Reog Ponorogo, tak heran jika nama kesenian budaya satu ini terkenal di kancah internasional. Banyak sejumlah negara yang sudah mengenal kesenian Reog Ponorogo, bahkan ada yang mengaku kesenian budaya satu ini milik negaranya.

3. Kesenian Budaya yang Satu-satunya Dicapit dengan Gigi

Tidak banyak yang tahu, di balik indah dan menariknya kesenian Reog Ponorogo ini ada orang-orang hebat di baliknya yang berhasil memainkannya dengan apik.

4. Tokoh-tokoh dalam Seni Reog Ponorogo

Warok

“Warok” yang berasal dari kata wewarah adalah orang yang mempunyai tekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih. Warok adalah wong kang sugih wewarah (orang yang kaya akan wewarah). Artinya, seseorang menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pengajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik

Jathil

Jathil adalah prajurit berkuda dan merupakan salah satu tokoh dalam seni Reog. Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Lukisan Termahal di Dunia yang Akan Membuatmu Geleng-Geleng KepalaLukisan Termahal di Dunia yang Akan Membuatmu Geleng-Geleng Kepala

Mungkin kamu nggak akan pernah nyangka kalau lukisan ini adalah lukisan termahal yang ada di dunia. Lukisan-lukisan ini memang dilukis oleh pelukis-pelukis yang sangat terkenal tapi tetap saja harganya yang tinggi akan membuatmu geleng-geleng kepala. Penasaran seperti apa lima lukisan termahal di dunia? Yuk langsung aja dibahas!

1. Flag, Jasper John

Lukisan bendera Amerika yang Poker dibuat tahun 1954 ini dihargai senilai Rp 1,5 triliun. Fantastis kan harganya? Lukisan Flag ini adalah karya terkenal pelukis yang dikenal dengan lukisan aliran Pop Art dan expresionis. Karya lukisan ini sekarang bisa kamu lihat di Museum of Modern Art New York.

2. No. 6 (Violet, Green, and Red), Mark Rothko

Bisa tebak harga lukisan ini berapa? Lukisan karya Mark Rothko ini juga masuk dijajaran lukisan termahal di dunia. Lukisan dengan unsur warna ungu dan merah yang kental ini dihargai Rp 2,4 triliun. Karya-karya dari Mark Rothko ini dikenal dengan gaya abstrak dengan beberapa blok warna.

3. Number 17 A, Jackson Pollock

Jackson Pollock juga dikenal sebagai salah satu pelukis aliran abstrak yang dihargai. Makanya lukisan Number 17A ini dihargai Rp 2,6 triliun. Karya Jackson Pollock lain juga diberi harga yang sama-sama mahal dan fantastis.

4. Interchange, Willem de Kooning

Lukisan yang sudah berumur lebih dari 50 tahun karya Willem de Kooning ini juga punya harga yang bisa membuatmu geleng-geleng kepala. Interchange ini dihargai Rp 3,9 triliun dan menjadi salah satu lukisan termahal.

5. Silver Car Crash, Double Disaster

Pasti kamu kenal kan Andy Warhol? Salah satu pelukis yang terkenal banget ini mempunyai satu karya yang legendaris yaitu Silver Car Crash yang bergaya Pop Art. Lukisan Silver Car Crash (Double Disaster) ini dihargai Rp 1,3 triliun.

6. Salvator Mundi, Leonardo Da Vinci

Lukisan Salvator Mundi ini dianggap slot deposit via qris banyak pihak sebagai karya tertinggi dari Leonardo Da Vinci. Karya terakhir dari Leonardo Da Vinci ini bergasil dilelang tahun 2017 yang lalu dengan nilai fantastis US$450 juta atau setara dengan Rp6,1 triliun. Lukisan yang menggambarkan Kristus Juru Selamat Dunia menghadap depan, mengnakan jubah era Renaissans ini menjadi mahakarya yang tahun pembuatannya diduga sama dengan Mona Lisa.

7. The Card Player, Paul Cézanne’

Lukisan seri karya pelukis Perancis Paul Cézanne ini juga tercatat sebagai lukisan dengan harga termahal ketiga di dunia. The Card Player ini diperkirakan dibuat di awal tahun 1890 ini memiliki gaya khas Paul. Lukisan ini saat ini dimiliki oleh keluarga bangsawan Qatar dengan nilai US$250 juta.

8. Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?), Paul Gaugin

Nafea Faa Ipoipo atau When Will You Marry? adalah lukisan cat minyak dari tahun 1892 karya seniman Perancis Paul Gauguin. Sebelum akhirnya dijual dengan harga US$210 juta, lukisan ini pernah dipinjamkan ke Kunstmuseum di Basel, Swiss selama hampir setengah abad. Lukisan ini kini dimiliki oleh keluarga Sheikha Al-Mayassa binti Hamad Al-Thani.

9. Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit, Rembrandt

Lukisan pernikahan Pendant portraits bonus new member 100 of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit karya Rembrandt ini juga punya nilai jual yang sangat tinggi. Masuk ke daftar lukisan paling mahal di dunia kini lukisan ini dimiliki oleh musium Louvre dan Rijksmuseum. Nilai dari lukisan karya Rembrandt ini adalah US$ 180 juta.

10. Les Femmes d’Alger (“Version O”), Pablo Picasso

Les Femmes d’Alger (“Wanita Aljazair”) mahakarya Pablo Picasso lain yang punya harga tinggi di dunia. Serangkaian 15 lukisan ini mulai dibuat pada tahun 1954-1955, terinspirasi dari lukisan Eugène Delacroix tahun 1834 The Women of Algiers in their Apartment. Seri lukisan ini terjual di Juni 1956 dengan harga US$ 179,4.

Harga lukisan mahakarya dari pelukis terkenal ini memang memiliki harga tinggi yang bikin tercengang kan. Walaupun begitu karya lukisan ini sangat penting untuk dunia seni lukis lho makanya lukisan-lukisan ini mendapatkan pernghargaan tertinggi.

Seni dan Fungsi dari Seni

Seni dan Fungsi dari SeniSeni dan Fungsi dari Seni

Seni dan Fungsi dari Seni – Seni lukis adalah seni yang di kembangakan dari menggambar. Seni lukis adalah seni yang memiliki corak atau gaya yang lebih rumit. Seni lukis sendiri adalah salah satu bagian dari seni yang memiliki nilai jual yang tinggi. Seni lukis pertama kali ada pada tahun 1838. Saat itu pelopor seni lukis pertama adalah Raden Saleh. Raden Saleh pernah di minta untuk melukis sejumlah tokoh ternama pada zamannya. Van Den Bosch adalah salah satu tokoh yang pernah di lukis oleh Raden Saleh. Seni lukis sangat banyak di gemari oleh penikmatnya. Pada dasarnya seni lukis adalah hasil karya manusia yang di dalam nya terdapat ide dan perasaan pelukisnya yang di tuangkan dalam karyanya. Seorang pelukis harus kreatif dan selalu memiliki ide – ide baru.

Fungsi Seni

1. Fungsi Sosial

Karya seni juga memiliki fungsi sosial jika senimannya mampu dan berhasil menunjukan nilai sosial dalam karya seninya.

2. Fungsi Individual

Hasil karya dari seorang seniman yang mendapat pengakuan oleh penikmat seni nya dengan nilai rupiah. Seni lukis juga dapat memenuhi kebutuhan rohani senimannya. Seorang seniman memiliki kemampuan untuk dapat mengkespresikan seluruh isi pikirannya. Seniman bisa menuangkan berbagai jenis perasaannya dalam setiap karya yang di ciptakan oleh seniman tersebut.

Tujuan Seni

– Tujuan Magis

Karya seni luki terkadang memiliki kesan pandangan yang misterius bagi yang melihat. Lukisan juga dapat di isi oleh berbagai jenis – jenis mantra tertentu.

– Tujuan Religius

Seorang seniman mampu membuat karya seni mereka memiliki nilai – nilai religius. Seperti membuat lukisan yang menggambarkan tentang dewa dan lukisan orang – orang dahulu yang tertentu.

– Tujuan Estetis

Tujuan Estetis dari sebuah lukisan bisa kita lihat seperti di gedung pemerintahan, sanggar lukis dan di tempat jual beli lukisan. Kita akan dapat merasakan nilai – nilai estetis nya di tempat tersebut.

– Tujuan Komersil

Seorang seniman yang membuka jasa melukis di sebut ada tujuan komersil di dalamnya. Karna lukisan mereka harus di kerjakan dan diselesaikan dengan cepat.

 

 

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan FungsinyaMacam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Karya seni rupa merupakan wujud ungkapan dan ekspresi perasaan manusia yang diwujudkan atau dituangkan melalui pengolahan media dan penataan unsur-unsurnya sesuai prinsip desain. Seni rupa akan memberikan kepuasan batin bagi seniman pembuatnya.Selain sebagai wujud ekspresi seniman, fungsi seni rupa juga bisa digunakan untuk peralatan kehidupan sehari-hari, keperluan ritual keagamaan, dan mengenang persitiwa tertentu. Bahkan seni rupa juga dapat dikomersialkan sebagai sebuah profesi.Faktanya terdapat banyak macam-macam seni rupa yang ada. Jenis-jenis seni rupa bisa berupa seni lukis, seni patung, sbobet mobile seni grafis, dan lain-lain. Tiap cabang-cabang seni rupa dibedakan berdasarkan teknik pembuatannya yang berbeda satu sama lain.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Terdapat 2 macam-macam seni rupa berdasarkan fungsi dan kegunanaannya, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Berikut merupakan penjelasan seni rupa murni dan terapan beserta contoh dan perbedaannya.

Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan jenis seni rupa yang mempunyai fungsi dan kegunaan tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Artinya seni rupa terapan mengandung nilai fungsi tertentu, selain dari pada nilai seni dan estetika yang dimilikinya.Contoh karya seni rupa terapan misalnya adalah rumah adat, pahat, keramik, tekstil, seni kriya, dan sebagainya.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan jenis seni rupa yang menghasilkan karya hanya sekedar untuk dinikmati keindahannya saja. Dalam proses pembuatannya seni ini tidak terlalu memperdulikan nilai-nilai praktis tetapi lebih kepada nilai estetisnya. Contoh karya seni rupa murni misalnya adalah lukisan, kaligrafi, seni fotografi, patung, relief bangunan, dan sebagainya.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Seni Rupa 3 dimensi

Seni rupa 3 dimensi (3D) adalah slot bonus 100 jenis seni rupa yang karyanya mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Artinya dalam karya seni rupa 3 dimensi terdapat volume dan ketebalan yang menempati ruang.Teknik membuat karya seni rupa 3 dimensi antara lain adalah teknik aplikasi, teknik merakit, teknik mozaik, teknik menganyam, teknik makrame, teknik membangun, teknik menuang/cor, teknik pahat, teknik menjahit, dan sebagainya.Contoh karya seni rupa 3 dimensi misalnya yaitu patung, pahat, relief, arsitektur, seni kriya, keramik, dan sebagainy.

Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi (2D) adalah jenis seni rupa yang karyanya hanya memiliki dua sisi saja yaitu panjang dan lebar. Artinya dalam karya seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang karena tidak mempunyai ketebalan.Teknik membuat karya seni rupa 2 dimensi antara lain adalah teknik plakat, teknik transparan, teknik kolase, serta teknik 3M yaitu melipat, menggunting, dan merekat.Contoh karya seni rupa 2 dimensi misalnya yaitu lukisan, kaligrafi, fotografi, dan seni grafis lainnya.