Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

lmdavalos.net

Di Indonesia banyak sekali budaya dan kesenian yang sudah diketahui luas oleh dunia. Warga duniapun banyak yang tak cuma menikmatinya, melainkan juga ikut serta mencoba lebih dekat dengan kebudayaan Indonesia. Kita sudah semestinya berbangga dan ikut melestarikan kebudayaan Indonesia.

lmdavalos.net

1. Wayang Kulit

Kesenian dari kulit kerbau yang berasal dari Jawa ini yaitu satu dari jutaan kesenian budaya di Indonesia yang paling familiar. Banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia untuk belajar seputar wayang. Dalam pertunjukan wayang senantiasa mempunyai simbol dan makna filosofis. Pertunjukan wayang sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang memukau dalam Bidang Cerita Narasi dan Warisan yang Indah dan Berharga.

2. Angklung

Alat musik bernada ganda ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan dalam alat musik ini yaitu bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan, sehingga pipa pipa bambu akan bergetar dan mewujudkan nada tertentu. Kecuali fungsi sebagai slot dana terbaru alat musik, angklung berfungsi sebagai salah satu alat dalam upacara adat untuk mengundang Dewi Sri atau dewi kemakmuran untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada padi., Angklung dinobatkan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Verbal dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO pada bulan November 2010 dan sudah menjadi salah satu budaya absah Indonesia yang mendunia.

3. Keris

Keris yaitu senjata tajam klasifikasi belati dengan banyak fungsi budaya yang diketahui di kawasan Indonesia bagian barat dan tengah. Wujudnya yang khas dan mudah dibedakan dari senjata lainnya karena tak simetris dari bagian pangkal ke bagian ujungnya. Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata dalam duel sekalian pelengkap sesaji dalam upacara adat. Dalam budaya Jawa, keris sering kali dihubungkan dengan hal mistik dan mempunyai daya tersendiri.

4. Batik

Siapa yang tak kenal kebudayaan absah Indonesia selanjutnya ini? Setiap orang Indonesia pasti mempunyai dan pernah menggunakan batik, bagus corak tradisional ataupun yang dengan corak modern. Batik yaitu kain bergambar yang mempunyai proses pembuatan khusus yaitu menorehkan malam (lilin tradisional) menggunakan canting di atas kain sebelum kemudian via proses pewarnaan yang juga natural.

Hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai motif atau corak batik khas dan masing-masing mempunyai filosofi. Batik sudah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Budaya Verbal dan Nonbendawi Manusia.

5. Tari Saman

Tari Saman yaitu ikon pujian sekalian kebudayaan Indonesia dari Provinsi Aceh. Tarian ini berasal dari Suku Gayo dan sudah diketahui oleh slot gacor maxwin dunia. Hampir di tiap-tiap sekolah di Indonesia mempunyai aktivitas Tari Saman dan diikutsertakan dalam laga nasional.

Tari Saman termasuk salah satu tarian yang unik, karena cuma memperlihatkan gerak tepuk tangan, anggota tubuh bagian atas, dan lutut, melainkan bisa mewujudkan gerakan yang mempesona. Kunci tarian ini terletak pada kekompakan gerakan para penari, di mana mereka semestinya bergerak serentak meniru irama musik dengan tempo yang cepat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Erick Thohir Minta YIA Gelas Pensi Dua Kali SemingguErick Thohir Minta YIA Gelas Pensi Dua Kali Seminggu

lmdavalos.net

Kementerian BUMN RI mendukung bandar udara menjadi etalase budaya. Langkah ini dikerjakan untuk kemajuan seni budaya, pariwisata, sampai membuka lapangan profesi bagi masyarakat.

Disamping itu, aset BUMN terjaga dan berkhasiat. Menteri BUMN Erick Thohir bahkan meminta bandar udara dapat menggelar kesenian dan kebudayaan di sana secara konsisten.

“Saya tanya kalau seminggu sekali bisa ada lomba budaya seperti ini. Supaya ada lowongan kerja,” kata Erick Tohir di Bandar Udara International Yogyakarta (YIA), Rabu (22/6/2022).

Hal ini bagian dari pemanfaatan optimal aset-aset BUMN. Aset BUMN tak hanya bangunan, melainkan juga kesanggupan masyarakat untuk menjangkaunya. Aset BUMN dapat diberi nasihat mendukung dan mendukung merk dan UMKM lokal. Erick Tohir menyayangkan jikalau ada bangunan berkelas melainkan tak ada pembauran dengan masyarakat.

“Aset bagus ini jangan hanya semacam bangunan yang jauh dari masyarakat. Bangun menawan melainkan kehidupan tak ada. Aku ini sentra pertemuan pelancong dari luar negeri dan dalam negeri. Ada perputaran di sana,” kata Erick.

“Kali ini kita dorong,” kata Erick dalam dialog budaya dengan para praktisi budaya DI Yogyakarta di YIA itu. Menteri Erick menyatakan, bandar udara salah satu yang representatif sebagai etalase budaya itu. Kecuali ini sejatinya sudah berlangsung semenjak Januari 2020 dalam application BUMN Merajut.

Kemudian, cara kerjanya tertunda sebab pandemi Covid-19. Malah dua tahun, ide itu kembali didorong. beberapa bandar udara membaik, seperti Jakarta yang meningkat sampai 70 persen, meski Yogyakarta menempuh 60 persen.

“Aku meminta pengelola bandar udara di bawah BUMN untuk mengaktifkan kembali ide permulaan, supaya bandar udara itu jadi cetak kebudayaan kita,” kata Thohir. Kecuali bandar udara, menurut Erick Thohir, aset milik PT Pos juga tengah dipikirkan, seperti kantor pos sentra Pasar di Jakarta, di Medan, di Bandung, maupun di Surabaya.

Aset yang sudah ada semenjak Zaman Belanda, sayang jikalau hanya berdiri sebagai bangunan megah semata. sentra belanja Sarinah sampai terlupakan sebagai etalase produk lokal.

Direktur Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi menyatakan, bandar udara sudah menyiapkan 3.000 meter persegi lokasi untuk UMKM dan etalase kesenian di YIA.

Seiring pertumbuhan penumpang pesawat karenanya bandar udara dioptimalkan, termasuk mendukung kesenian dan kebudayaan, melainkan juga UMKM. “Kita dapat maju bersama dan memberi warna baru bahwa bandar udara di Indonesia ramah budaya dan ikut serta mengoptimalkan kesenian,” kata Faik Fahmi.

Kesenian Suku Dayak Yang Jarang Diketahui

Kesenian Suku Dayak Yang Jarang DiketahuiKesenian Suku Dayak Yang Jarang Diketahui

Suku dayak memang sangat unik dan beda dari suku-sukuu lainnya,Indonesia Indonesia memang punya banyak suku yang beragam salah satunya hal yang perlu kamu tahu. Salah satunya hal menarik tentang tradisi unik di Kalimantan Timur.

Upacara yang dilakukan suku dayak adalah salah satu tradisi yang perlu kamu ketahui. Tradisi yang menjadi bagian kekayaan bangsa Indonesia di samping ribuan tradisi di negara yang sangat akan kaya dengan budaya dan sukunya

Sambil menunggu apa yang dilakukan upacara yang dilakukan suku dayak, ada baiknya yang tetap dilestarikan masyarakatnya. Simak agar kamu makin kaya sbobet tentang tradisi asli Indonesia.Masyarakat dayak biasanya menamai upaca ini dengan sebutan Ngayon.memiliki beragam kebudayaan dan tradisi yang jarang terekspos ke publik. Berikut enam tradisi Suku Dayak yang wajib kamu ketahui. berikut ulasannya :

1. Tradisi Kuping Panjang

Suku Dayak memiliki sebuah tradisi yang sangat beragam contohnya adalah memanjangkan kuping. yaitu memanjangkan telinga mereka. Bagi para perempuan dayak di Kalimantan Timur, semakin panjang kupingnya, maka dirinya akan semakin cantik. Selain itu, ada juga yang menyebutkan tradisi ini digunakan untuk menunjukkan status yang mempunyai kekayaan yang berlebih atau bisa kita sebut dengan bangsawan.

2. Upacara Ngayau

Tradisi Ngayau merupakan tradisi bisa dibilang adalah tradisi yang cukup menyeramkan.Tradisi ini disebut juga sebagai tradisi berburu kepala musuh.Tak semua suku dayak melakukannya. Beberapa di antaranya adalah Suku Dayak Iban,yaitu dengan cara membakar mayat suku lain yang sudah mati dan tertangkap oleh suku dayak

Tradisi adalah peninggalan nenek moyang mereka yang berusaia kurang lebih 150 tahun untuk dihentikan pada tahun 1874. Saat itu, suku Dayak Kahayan melakukan pertemuan dengan beberapa suku rumpun lainnya karena tradisi Ngayau dapat pergesekan antara suku dayak dengan suku lain dan perselisihan.

3. Membuat Tato Alami

Tato yang dibuat secara alami dengan menggunakan getah pohon yang sudah tidak terpakai dengan istilah tutang, setiap motif tato memiliki makna mendalam yang erat kaitannya dengan kepercayaan kepada leluhur yang telah mendahului mereka.

Masyarakat Suku Dayak yang ditatto badannya akan membuat sebuah ritual-ritual tertentu terlebih dahulu. Menurut kepercayaan Suku Dayak, tato ini akan berubah menjadi warna emas dan menjadi penerang jalan menuju alam keabadian setelah ajal mereka menjemput

lmdavalos.net

Tempat Pentas Seni Terbaik Di Ibu KotaTempat Pentas Seni Terbaik Di Ibu Kota

Venue atau daerah pertunjukan seni menjadi bagian lebih-lebih dalam menyukseskan sebuah pementasan. Sebagian lokasi mungkin saja telah dikenal publik awam, berikut 5 di antaranya:

lmdavalos.net

1. Ciputra Artpreneur Theatre

Ciputra Artpreneur sebagai pusat seni di Jakarta memilih teater berstandar internasional dengan kapasitas sebanyak 1.194 tempat duduk. Teater yang yakni teater pertunjukan Sbobet tertinggi (di lantai 13) di Asia ini dilengkapi dengan sound system terbaik dari Meyer MICA, serta memiliki mutu tata pencahayaan, suara, dan akustik berstandar internasional.

Berbagai-ragam pagelaran telah pernah digelar di daerah ini seperti ‘Beauty and the Beast’, ‘Annie’, ‘Shrek the Musical’, ‘The Red Lantern’, ‘Opera Carmen’ sampai ‘Janji Toba’ oleh Banyu Wening.

2. Teater Besar, Kompleks TIM

Teater Besar atau Teater Jakarta yang berada di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) juga daerah terbaik untuk menggelar seni pertunjukan. Terdapat 3 lantai dengan kapasitas 1200 tempat duduk, pentasnya berukuran 14 m x 16 m x 9 m.

Sejumlah pagelaran besar pernah digelar di sini, misalnya ‘Chairil’ oleh Titimangsa Foundation, musikal ‘MAMMA MIA!’ darI West End sampai Bawi Lamus akhir pekan lalu.

3. Graha Bhakti Adat

Graha Bhakti Adat yang juga berdiri di dalam kompleks TIM memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 800 dengan dua lantai. Luas pentasnya 15 x 10 x 6 meter dan menjadi lokasi bagi pertunjukan terkemuka di Indonesia.

Salah satunya yang acap kali memakai gedung pertunjukan ini yakni Teater Koma sampai Indonesia Kita. Di tahun 2017, Graha Bhakti Adat menjadi lokasi bagi ‘West Side Story’ yang diusung Jakarta Performing Arts Community.

4. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung yang yakni bangunan tua peninggalan sejarah pemerintah Belanda ini berada di Jalan Gedung Kesenian No. 1 Jakarta Sentra. Gedung bergaya neon-renaisance ini dibangun pada 1821 dan memilikis sejarah sampai difungsikan untuk pertunjukan slot gacor hari ini.

Di antara 3 gedung lainnya yang di atas, Gedung Kesenian Jakarta memiliki kapasitas sekitar 475 orang dengan panggung berukuran 10,75 x 14 x 17 meter, kelengkapan tata cahaya Slot Online, dan ruang foyer.

5. Teater Kecil

Masih berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) Teater Kecil yang berkapasitas 242 tempat duduk cocok untuk pertunjukan yang intim dan kecil https://jumpabola.com/ Dimaksudkan untuk pertunjukan seni eksperimental atau panggung-panggung lainnya.