Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

lmdavalos.net

Di Indonesia banyak sekali budaya dan kesenian yang sudah diketahui luas oleh dunia. Warga duniapun banyak yang tak cuma menikmatinya, melainkan juga ikut serta mencoba lebih dekat dengan kebudayaan Indonesia. Kita sudah semestinya berbangga dan ikut melestarikan kebudayaan Indonesia.

lmdavalos.net

1. Wayang Kulit

Kesenian dari kulit kerbau yang berasal dari Jawa ini yaitu satu dari jutaan kesenian budaya di Indonesia yang paling familiar. Banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia untuk belajar seputar wayang. Dalam pertunjukan wayang senantiasa mempunyai simbol dan makna filosofis. Pertunjukan wayang sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang memukau dalam Bidang Cerita Narasi dan Warisan yang Indah dan Berharga.

2. Angklung

Alat musik bernada ganda ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan dalam alat musik ini yaitu bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan, sehingga pipa pipa bambu akan bergetar dan mewujudkan nada tertentu. Kecuali fungsi sebagai alat musik, angklung berfungsi sebagai salah satu alat dalam upacara adat untuk mengundang Dewi Sri atau dewi kemakmuran untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada padi., Angklung dinobatkan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Verbal dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO pada bulan November 2010 dan sudah menjadi salah satu budaya absah Indonesia yang mendunia.

3. Keris

Keris yaitu senjata tajam klasifikasi belati dengan banyak fungsi budaya yang diketahui di kawasan Indonesia bagian barat dan tengah. Wujudnya yang khas dan mudah dibedakan dari senjata lainnya karena tak simetris dari bagian pangkal ke bagian ujungnya. Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata dalam duel sekalian pelengkap sesaji dalam upacara adat. Dalam budaya Jawa, keris sering kali dihubungkan dengan hal mistik dan mempunyai daya tersendiri.

4. Batik

Siapa yang tak kenal kebudayaan absah Indonesia selanjutnya ini? Setiap orang Indonesia pasti mempunyai dan pernah menggunakan batik, bagus corak tradisional ataupun yang dengan corak modern. Batik yaitu kain bergambar yang mempunyai proses pembuatan khusus yaitu menorehkan malam (lilin tradisional) menggunakan canting di atas kain sebelum kemudian via proses pewarnaan yang juga natural.

Hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai motif atau corak batik khas dan masing-masing mempunyai filosofi. Batik sudah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Budaya Verbal dan Nonbendawi Manusia.

5. Tari Saman

Tari Saman yaitu ikon pujian sekalian kebudayaan Indonesia dari Provinsi Aceh. Tarian ini berasal dari Suku Gayo dan sudah diketahui oleh dunia. Hampir di tiap-tiap sekolah di Indonesia mempunyai aktivitas Tari Saman dan diikutsertakan dalam laga nasional.

Tari Saman termasuk salah satu tarian yang unik, karena cuma memperlihatkan gerak tepuk tangan, anggota tubuh bagian atas, dan lutut, melainkan bisa mewujudkan gerakan yang mempesona. Kunci tarian ini terletak pada kekompakan gerakan para penari, di mana mereka semestinya bergerak serentak meniru irama musik dengan tempo yang cepat.

Related Post