Tarian Jaipong Jawa Barat

Tarian Jaipong Jawa Barat

Jaipongan terlahir lewat proses kreatif dari tangan dingin H. Suanda kurang lebih tahun 1976 di Karawang, Jaipongan merupakan garapan yang memadukan sebagian elemen seni normalitas Karawang layaknya pencak silat, wayang Slot Server Thailand Resmi golek, topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain. Jaipongan di Karawang pesat pertumbuhannya di terasa tahun 1976, ditandai bersama timbulnya rekaman Jaipongan SUANDA GROUP bersama instrumen sederhana yang terdiri dari gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden atau juru kawih.

Sejarah Tari Jaipong

Tarian Jaipong Jawa Barat

Dengan media kaset rekaman tanpa label selanjutnya (indi label) Jaipongan terasa didistribusikan secara swadaya oleh H Suanda di wilayah Karawang dan sekitarnya. Seperti  Situs sicbo online yang tak disangka Jaipongan mendapat sambutan hangat, sesudah itu Jaipongan menjadi fasilitas hiburan masyarakat Karawang dan beroleh apresiasi yang memadai besar dari segenap masyarakat Karawang dan menjadi fenomena baru di dalam ruang seni budaya Karawang, lebih-lebih seni pertunjukan hiburan rakyat.

Posisi Jaipongan pada sementara itu menjadi seni pertunjukan hiburan alternatif dari seni normalitas yang telah tumbuh dan berkembang lebih dulu di Karawang layaknya pencak silat, topeng banjet, ketuk tilu, tarling dan wayang golek. Keberadaan jaipong memberikan warna dan corak yang baru dan tidak serupa di dalam bentuk pengemasannya, terasa dari penataan pada komposisi musikalnya hingga di dalam bentuk komposisi tariannya.

Sebelum bentuk pertunjukan seni Indonesia ini muncul, tersedia sebagian efek yang melatarbelakangi terbentuknya tari pergaulan ini. Di kawasan perkotaan Priangan misalnya, pada masyarakat elite, tari pergaulan terbujuk dansa Ball Room dari Barat. Sementara pada kesenian rakyat, tari pergaulan terbujuk normalitas lokal. Pertunjukan tari-tari pergaulan tradisional tak terlepas dari keberadaan ronggeng dan pamogoran. Ronggeng di dalam tari pergaulan tidak lagi bermanfaat untuk aktivitas upacara, tetapi untuk hiburan atau langkah bergaul.

Seiring bersama memudarnya style kesenian di atas, mantan pamogoran (penonton yang berperan aktif di dalam seni pertunjukan Ketuk Tilu/Doger/Tayub) beralih perhatiannya nexus engine terbaru pada seni pertunjukan Kliningan, yang di tempat Pantai Utara Jawa Barat (Karawang, Bekasi, Purwakarta, Indramayu, dan Subang) dikenal bersama sebutan Kliningan Bajidoran yang pola tarinya maupun momen pertunjukannya membawa kemiripan bersama kesenian sebelumnya (Ketuk Tilu/Doger/Tayub).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Kesenian Indonesia Yang MenduniaKesenian Indonesia Yang Mendunia

Setiap hari, disadari atau tidak, semua yang kita lakukan dan lakukan hampir seluruhnya berkaitan dengan seni.

Sistem kita melihat dan melakukan sesuatu juga merupakan seni karena masing-masing dari kita memiliki selera, pandangan, asumsi kita sendiri tergantung pada sudut pandang kita masing-masing dalam menggambar resume.

Seni itu sendiri memiliki cakupan yang cukup luas yang tidak dapat dikendalikan dengan penjelasan secara literal.

lmdavalos.net

1. Seni Tari

Tari Tradisional Serimpi

Tari serimpi merupakan tarian tradisional yang menjadi identitas Yogyakarta dalam bidang seni gerak. Pada zaman dahulu tarian ini selalu dibawakan untuk menyambut setiap pergantian Raja di Jawa Tengah. Ciri khas dari tari serimpi ini adalah setiap penari wanita mengenakan gaun pengantin layaknya seorang putri keraton.

Tarian tradisional pendet

Tari Pendet merupakan tarian yang sudah tidak asing lagi bagi setiap wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kesenian Bali ini ditarikan oleh beberapa remaja putri yang akan membawa mangkok perak berisi bunga. Di akhir acara, bunga-bunga ini akan ditaburkan ke arah penonton sebagai ucapan selamat datang.

2. Seni

Batik

Batik adalah kain yang dihias dengan menggunakan canting atau printing. Teknik membatik merupakan salah satu ciri khas dari berbagai kesenian daerah di Indonesia. Batik yang paling terkenal saat ini adalah batik Solo dan batik Pekalongan. Ciri khas dari batik ini adalah adanya motif atau ukiran yang khas pada sebuah kain.

Menenun

Tenun juga merupakan salah satu kesenian Indonesia yang terkenal. Hanya saja tenun memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Jadi umumnya hanya orang terlatih yang bisa menenun.

Melukis Badai Akan Berlalu

Lukisan ini adalah karya Affandi yang artinya seseorang yang ingin menjalani hidup. Makna ini juga tercermin dalam lukisannya yang berisi perahu dan matahari.

Lukisan Penari dari Bali

Rutamadji adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di berbagai seni di Indonesia, khususnya seni rupa. Rutamadji adalah seorang maestro asal Jawa Tengah yang telah banyak membuat lukisan, salah satu lukisan Penari di Bali yang membuktikan karya seorang penari Bali yang dimiliki oleh Indonesia.

3. Seni musik

Musik Sasando Gong

Musik tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang terletak di Pulau Rote. Musik ini dibuat dari memainkan alat musik yang disebut sasando. Musik ini dimainkan saat upacara penyambutan tamu dan sebagai hiburan saat ada acara yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat.

Musik Perkusi Salimpat

Lampung adalah pemilik musik Salimpat Tabuh ini. Musik ini dicirikan oleh musiknya yang penuh dengan ketukan dan kutipan. Dalam permainan musik ini, alat musik yang ditampilkan adalah kecapi dan lunik gambus.

Musik Musik Humming Jolo

Senandung Jolo adalah salah satu dari berbagai tempat kesenian di Jambi yang terletak di Muara Sabak. Musik ini dimainkan pada saat acara Padi Bersatu yaitu acara turun sawah untuk menanam padi di sawah.

Musik tradisional Laras Madya dan Santi Swara

Di pinggiran Jawa Tengah, musik laras madya dan santi swara terkenal dengan perpaduan musiknya yang membuat musik ini benar-benar harmonis. Perpaduan antara rebana, kendang, keanak dan bogem menjadikan musik yang dicirikan sebagai paduan suara lagu. Musik ini diterapkan sebagai musik khusus untuk mengiringi doa.

4. Seni Teater

Sanghyang

Sanghyang merupakan jenis kesenian daerah dalam bidang teater yang dipadukan dan dipadankan dengan tari. Seni teater ini berasal dari pulau Bali. Sanghyang tidak hanya seni teater tetapi juga budaya yang memiliki makna khusus.

Lenong

Kesenian lenong ini memang sudah diakui sebagai kesenian yang lahir dari tempat asal Betawi. Lenong dicirikan dengan penerapan bahasa yang kental dengan logat Betawi serta sarat akan lelucon dan cerita menghibur yang akan menghibur penontonnya.

Reog

Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari Ponorogo. Dalam pertunjukan reog, tidak ada dialog yang diucapkan oleh para pemainnya. Namun, reog secara konsisten dapat digolongkan sebagai seni teater di Indonesia. Reog memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenali. Selama pertunjukan reog, para pemain akan mengenakan topeng besar dan tinggi menyerupai wajah singa.

5. Seni Sastra

Timun Mas

Dongeng merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang dijadikan sebagai karya seni sastra. Dongeng ini menceritakan tentang seorang janda yang menerima bayi dari biji mentimun bernama Timun Mas dari seorang raksasa. Raksasa ini diberi nama buto ijo dan akan dibawa kembali pada usia bayinya yang ke-17.

Dongeng Kancil dan Buaya

Dongeng ini menceritakan tentang kecerdikan seekor kancil yang berhasil lolos dari ancaman buaya yang ingin memakannya. Namun karena kecerdikan kijang, buaya hanya dijadikan sarana bagi kancil untuk menyeberangi sungai.

lmdavalos.net

Festival Budaya Minangkabau 2022 Digelar Di JakartaFestival Budaya Minangkabau 2022 Digelar Di Jakarta

Masyarakat Minangkabau yang tinggal di perantauan dan berharap melepas rindu akan kampung halaman, mungkin dapat berwisata akhir pekan dengan mengunjungi Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022.

Festival akan digelar selama tiga hari berturut-ikut, yakni pada 22-24 Juli 2022, atau hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Acaranya akan dimulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

Acara besar yang diadakan perkumpulan orang Minangkabau ini kembali hadir di Lapangan Bola Mesjid Agung Al-Azhar. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk dikenal, festival ini juga menjadi gelanggang reuni bagi para warga suku Minangkabau. Masyarakat Jakarta yang berharap mengetahui kultur Minangkabau juga dapat datang.

Kecuali itu, terdapat beraneka penampilan kesenian, kultur, dan sajian kuliner khas kota Rendang.

lmdavalos.net

Kesenian dan kuliner di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022

Selama aktivitas, ada beraneka macam penampilan kesenian khas Minangkabau yang dapat dirasakan pengunjung.

Di antaranya yakni Rabab Darek, Dendang Saluang, Salawat Dulang, Randai, Silek Tuo Minang, Tarian 3 Luhak, parade gandang tasa, pawai obor, dan stand up comedy Minang.

Kecuali itu, ada Musikalisasi Minang, teater, talkshow, seminar UMKM Minang, demo masak, permainan tradisional Minangkabau, Karnaval Muda Mudi Minangkabau.

Ada pula Fashion show by designer Minangkabau, pertunjukan musik tradisional Minang, penampilan rapper dan beatbox Minang, opera komedi Minang, sampai laga nyanyian pop Minang.

Kecuali pertunjukan kesenian, pengunjung juga akan dapat merasakan beraneka sajian kuliner khas Minangkabau.

Beberapa di antaranya yakni nasi kapau, sate padang, bubur Jawara, Lamang Tapai, Itiak Lado Ngarai Bukittinggi, Bika Padang, Es Tebak Kuliner Luhak Agam, Kuliner Luhak 50 Koto, dan Kuliner Luhak Tanah Datar.

Acara ini juga akan dihadiri oleh beraneka Tokoh Minang seperti penggiat seni, penggiat seni, usahawan, penjabat tempat Sumatera Barat, sampai penjabat lembaga negara yang berdarah Minang.

“Ayo ajak saudara, sahabat, karib kerabat, komunitas, untuk datang menyaksikan Sumarak Alek Minang di Tanah Perantau,”

Adapun bagus warga Minangkabau maupun masyarakat umum yang berharap datang, segala tidak dikenakan biaya karcis masuk.

Festival Kampung Kuliner Minangkabau 2022

Panggung Seni Budaya dan Kuliner Legendaris Malapeh Rindu Kampuang Halaman

Dimeriahkan oleh berbagai Pertunjukan Kesenian Tradisional Minangkabau, artis-artis Minang dan Kuliner Legendaris Minangkabau yang di datangkan Langsung dari Sumatera Barat

Kuliner Legendaris Minangkabau & Diselingi oleh berbagai pertunjukan kesenian khas Minangkabau :

  • Pawai Budaya Minangkabau
  • Arakan Bajamba
  • Tarian Tradisional
  • Permainan Anak Nagari
  • Pertunjukan Silat dan Tari
  • Permainan KIM
  • Rabab dan Saluang
  • Seminar Budaya

Minangkabau Fashion Show dan Food Festival 2022 :

  • Pertunjukan Randai
  • Sulap / Magic Show
  • Explore Minangkabau

Tiket Masuk Gratis alias Perai dan terbuka untuk Umum Sebarkan ka Urang Awak!

Kesenian Reog Ponorogo Indonesia

Kesenian Reog Ponorogo IndonesiaKesenian Reog Ponorogo Indonesia

Reog yakni tarian tradisional dalam gelanggang tersingkap yang bermanfaat sebagai hiburan rakyat, berisi unsur magis, penari utama yakni orang berkepala singa dengan dekorasi bulu merak, ditambah sejumlah penari bertopeng dan berkuda lumping. Reog yaitu di antara seni kelaziman yang berasal dari Jawa Timur komponen barat-laut dan Ponorogo dirasakan sebagai kota asal Reog yang hakekatnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut serta tampil pada ketika Reog dipertunjukkan. Reog yakni salah satu kelaziman tempat di Indonesia yang masih paling kental dengan hal-hal yang beraroma mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Sejarah Reog Ponorogo Jawa Timur

Kesenian Reog Ponorogo Indonesia

Ada lima versi kisah populer dari reog ponorogo Jawa Timur yang berkembang di masyarakat perihal asal gagasan Reog dan Warok, tetapi salah satu kisah yang paling tak asing yaitu kisah perihal penentangan Ki Ageng Kutu, seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi, Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu naik pitam bakal pengaruh powerful dari pihak istri raja Majapahit yang berasal dari Tiongkok, kecuali tersebut juga naik pitam untuk rajanya dalam pemerintahan yang korup, dia malahan menyimak bahwa dominasi Kerajaan Majapahit bakal berakhir.

Ia kemudian meninggalkan sang raja dan menegakkan perguruan di mana dia melatih seni bela diri untuk buah hati-buah hati muda, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan dengan asa bahwa buah hati-buah hati muda ini bakal menjadi embrio dari kebangkitan kerajaan Majapahit kembali serta menjadikan tarian reog menjadi salah satu tarian kesenian Indonesia yang sangat populer. Sadar bahwa pasukannya terlampau kecil guna melawan pasukan kerajaan karenanya pesan politis Ki Ageng Kutu disajikan lewat peragaan seni Reog, yang yakni “sindiran” untuk Raja Kertabhumi dan kerajaannya. Pagelaran Reog menjadi sistem Ki Ageng Kutu membina perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.

Dalam peragaan Reog diperlihatkan topeng berbentuk kepala singa yang diketahui sebagai “Singa Barong”, raja hutan, yang menjadi simbol guna Kertabhumi, dan di atasnya ditancapkan bulu-bulu merak sampai serupa kipas raksasa yang menyimbolkan pengaruh kuat semua rekan Tiongkoknya yang menata dari atas semua gerak-geriknya. Jathilan, yang dibintangi oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda-kudaan menjadi simbol energi pasukan Kerajaan Majapahit yang menjadi komparasi kontras dengan energi warok, yang berada dibalik topeng badut merah yang menjadi simbol guna Ki Ageng Kutu, sendirian dan menopang berat topeng Singa Barong yang menempuh lebih dari 50 kg melulu dengan menggunakan giginya seperti yang di beritakan oleh situs joker123 resmi dan terpercaya.

Kepopuleran Reog Ki Ageng Kutu hasilnya mengakibatkan Bhre Kertabhumi memungut perbuatan dan menyerang perguruannya, penentangan oleh warok dengan kencang dipecahkan, dan perguruan dilarang guna melanjutkan edukasi akan warok. Tetapi murid-murid Ki Ageng Kutu tetap melanjutkannya secara membisu-membisu.

Meskipun laksana itu, kesenian Reognya sendiri masih tidak dipedulikan untuk dipentaskan sebab sudah menjadi peragaan populer salah satu masyarakat, tetapi jalan ceritanya mempunyai alur baru di mana ditambahkan karakter-karakter dari kisah rakyat Ponorogo yakni Klono Sewandono, Dewi Songgolangit, dan Sri Genthayu.