lmdavalos : Kesenian Daerah Di Indonesia Berita Selebriti,Kesenian Indonesia Seni Pertunjukan Indonesia Yang Memukau Dunia

Seni Pertunjukan Indonesia Yang Memukau Dunia

lmdavalos.net

Dengan pelbagai suku bangsa, Indonesia mempunyai pelbagai macam warisan seni dan tradisi yang kental.

Termasuk pertunjukan seni tradisional Indonesia khas tiap daerah. Malahan beberapa pertunjukan tersebut memukau dunia.

Pertunjukan seni tradisional Indonesia, seperti tari, wayang, teater, permainan tradisional, musik tradisional, seni ketangkasan, dan masih banyak lainnya, menjadi kekuatan tarik favorit bagi pelancong, terutamanya pelancong mancanegara.

Di bawah ada 10 pertunjukan seni tradisional Indonesia telah memukau dunia dengan segala keunikan dan ciri khasnya.

lmdavalos.net

1. Tari Kecak

Tarian khas Bali ini memang telah tersohor hingga ke seantero dunia. Tari kecak menjadi komplementer destinasi liburan rohani dan tradisi di Pulau Dewata.

Kemunculan Tari Kecak, mulanya sebagai ritual kuno Bali disebut sebagai Sanghyang bertujuan mengusir roh jahat.

Seiring perkembangan zaman, Tari Kecak tak hanya menjadi ritual adat dan seni pertunjukan tradisional saja, tapi menjadi drama musikal cantik.

Pasalnya, Tari Kecak menceritakan pewayangan Ramayana yang banyak diminati pelancong dalam dan luar negeri.

Keunikan dari pertunjukan Tari Kecak menjadi ciri khas, yakni perpaduan iringan suara musik gamelan dan gerakan tangan dengan suara “Cak! Cak! Cak!” dari 50-70 orang penarinya.

2. Tari Barong

Masih dari Bali, ada pertunjukan Tari Barong yang juga memukau dunia. Malahan pementasan Tari Barong di daerah Gianyar, Bali telah diketahui pelancong mancanegara sejak 1930 silam.

Tarian ini menunjukkan dua orang penari lincah dengan gerakan kompak. Dalam kepercayaan Bali, tarian menunjukkan tokoh Barong berwujud singa dianggap sebagai Raja Roh dan diketahui sebagai malaikat pelindung. Sementara itu, ada Rangda yang diketahui sebagai Ratu Iblis dan menjadi lawan Barong.

3. Pertunjukan Ramayana

Bergeser ke Yogyakarta yang mempunyai pertunjukan tradisional memukau digelar di candi Hindu terbesar di Asia Tenggara pula. Tepatnya di Prambanan sering kali menunjukkan pertunjukan Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet.

Sendratari Ramayana ini dipentaskan lebih dari 200 penari serta para pemain gamelan tradisional. Berbeda dengan seni pertunjukan lainnya, Sendratari Ramayana menunjukkan tarian drama tanpa dialog. Kerennya, penampilan Sendratari Ramayana berhasil memukau Raja dan Ratu Belanda Willem-Alexander juga Maxima Zorreguieta Cerruti, ketika berkunjung ke Prambanan pada Maret 2020 lalu.

4. Pencak Silat

Seni pertunjukan tradisional Indonesia yang tak keok memukau selain tarian, ada Pencak Silat. Pencak Silat sebagai seni bela diri dipercaya mempunyai segala elemen pembentuk warisan tradisi Indonesia.

Kini Pencak Silat telah diatur oleh UNESCO sebagai “Warisan Kultur Tidak Benda”. Tentunya pencapaian Pencak Silat di mata dunia telah mempunyai peran penting serta berkontribusi dalam mengenalkan Indonesia di dunia internasional.

5. Angklung

Jawa Barat malahan tak tertinggal dengan mempunyai seni pertunjukan tradisional yang memukau dunia. Pertunjukannya berupa alat musik tradisional, angklung kini mulai diketahui masayarakat dunia. Pada 2010, angklung berhasil masuk ke dalam “Daftar Warisan Kultur Tidak Benda” oleh UNESCO.

Salah satu sanggar seni angklung yang cukup tenar di Bandung, yakni Saung Angklung Mang Udjo. Sanggar ini menjadi salah satu penyebar keindahan harmoni getaran bambu tersebut hingga ke belahan dunia lainnya.

6. Reog Ponorogo

Seni tradisional Reog telah menjadi ikon kota Ponorogo, Jawa Timur. Ciri khas keunikan dari Reog Ponorogo ada pada kostum yang beratnya hingga 50 kg. Hebatnya lagi, tiap pemain Reog hanya menggunakan giginya untuk mengangkat kostum berat tersebut.

Reog Ponorogo trennya telah terdengar hingga ke mancanegara. Beberapa negara yang telah dijadikan kagum dengan pertunjukan Reog Ponorogo, antara lain Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Korea, Malaysia, dan Filipina.

7. Gamelan

Seni pertunjukan tradisional tak lepas dari alat musik tradisionalnya. Salah satunya gamelan tradisional, terutamanya dari Jawa Tengah. Gamelan awam diterapkan pada upacara adat Jawa hingga mengiri tarian dan wayang.

Menariknya, tak hanya orang Indonesia saja yang belajar bermain gamelan. Tapi juga masyarakat luar negeri tertarik untuk belajar memainkan gamelan. Seperti dari negara Australia, Kanada, Inggris, hingga Amerika Serikat.

8. Tari Saman

Tari Saman menjadi salah satu seni pertunjukan tradisional asal Aceh yang memukau serta telah diketahui dunia. Berbeda dengan tarian pada umumnya, keunikan dari Tari Saman tak menggunakan alat musik.

Pertunjukan tari ini hanya menunjukkan gerakan tepuk tangan, menjentikkan jari, menggoyangkan badan juga kepala, serta beberapa gerakan gesit lainnya. Selain itu, tiap gerakan penari Saman mengandung skor filosofi alam, lingkungan, serta kehidupan masyarakat Gayo (Aceh).

Berkat kepopuleran, orisinalitas, juga keunikannya tersebut, Tari Saman diakui UNESCO sebagai “Warisan Kultur Tidak Benda” asal Indonesia yang tak tergantikan.

9. Tari Piring

Berikutnya ada Tari Piring dari Sumatera Barat. Tarian ini yakni salah satu keindahan seni pertunjukan tradisional khas Minangkabau. Tari Piring umumnya dipentaskan pada acara pernikahan, penyambutan tamu, hingga upacara adat.

Para penariya tampil sangat gesit menggerakkan tangan juga tubuhnya sambil membawa piring di kedua tangannya tanpa terjatuh
pecah. Hebatnya, jika piring dilemparkan ke atas lalu pecah, sang penari akan melaksanakan gerakan di atas pecahan piring tersebut. Ajaibnya, kaki sang penari tak terluka sedangkan menginjak pecahan piring.

10. Wayang Kulit

Wayang kulit juga menjadi seni pertunjukan tradisional Indonesia yang tak keok menarik. Eksistensi seni ini memang identik dengan tradisi Jawa, baik di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, maupun Jawa Timur.

Seni tersebut menjadi warisan tradisi yang bernilai tinggi, karena tiap pertunjukannya memadukan seni kriya dengan sastra, seni musik, juga seni rupa. Wayang kulit malahan telah diakui UNESCO sebagai kebudayaan yang memukau di bidang cerita narasi serta warisan tradisi.*

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Warisan Budaya Asli IndonesiaWarisan Budaya Asli Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman warisan adat istiadat yang dapat menjadi nilai rtp live penting bagi bangsa Indonesia dan cocok untuk dilestarikan. Tidak hanya mempunyai warisan adat istiadat yang unik, tapi bermacam kebudayaan milik bangsa Indonesia juga telah mendunia.

lmdavalos.net

1. Tari Kecak

Tari Kecak tercipta dari perpaduan seni, adat istiadat, dan kisah mistik. Tari Kecak adalah salah satu tarian yang paling populer bagi pelancong yang berkunjung ke Bali. Keunikan Tari Kecak adalah hanya dengan melantunkan bunyi “cak,cak,cak” secara tegas dan berulang-ulang hingga mempunyai irama, dan dengan gerakan tangan para penari yang kompak, lama kelamaan kamu akan merasa terhipnotis. Pada dikala tarian sedang berlangsung, kamu akan disuguhkan pertunjukan teater singkat tentang cerita Rama dan Shinta.

2. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah pertunjukan seni yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Kota Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, sosok dalam pertujukan reog. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih betul-betul kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Dalam seni pertunjukan reog umumnya tidak meniru skenario yang telah disusun dan kadang kala ada interaksi antara pemain reog dan penonton.

Pemain Reog Ponorogo menggunakan topeng yang cukup besar, beratnya dapat menempuh 50 kilogram dan topeng tersebut disangga hanya menggunakan gigi. Mungkin hal ini terdengar tidak nyata, tapi hal ini dapat terjadi sebab latihan jasmani serta latihan secara spiritual.

3. Tari Pendet

Selain Tari Kecak, Bali juga mempunyai Tari Pendet. Tari Pendet adalah tarian tertua di Pulau Dewata, diperkirakan telah ada semenjak tahun 1950. Selain berfungsi sebagai tarian ucapan selamat datang, juga adalah tarian untuk ritual keagamaan. Tarian ini dibawakan oleh putri dan sang penari juga membawa mangkuk perak yang berisikan bunga. Kebudayaan autentik Indonesia ini pertama kali dipentaskan ke dunia dikala kancah Asean Games tahun 1960 yang dibuka oleh Presiden Soekarno.

4. Gamelan

Seni kebudayaan Indonesia lainnya yang populer di pentas dunia adalah Gamelan. Gamelan sendiri adalah musik ansambel tradisional Jawa, Sunda, dan Bali di Indonesia yang mempunyai tangga nada pentatonis dalam cara tangga nada (laras) slendro dan pelog.

Ada banyak instrumen untuk melengkapi ansambel Gamelan mulai dari gangsa, gender, bonang, gong, saron, slenthem, gambang, seruling, rebab hingga kendhang yang dimainkan dengan tangan. Sebagai komplementer musik gamelan juga diiringi merdunya Sindhen yang melantunkan lagu-lagu khas.

5. Noken

Warisan Kultur Indonesia yang kelima adalah noken. Noken adalah sebutan yang dipakai untuk ransel rajut tradisional yang berasal dari Papua. Noken sendiri telah diakui di bermacam dunia sebagai bagian dari adat istiadat provinsi yang letaknya paling timur dari negara Indonesia tersebut.

Pembuatan dari noken sendiri kian berkurang dikarenakan beratnya kompetisi dengan ransel yang dijadikan secara massal di pabrik serta susahnya untuk mencari dan mendapatkan bahan baku untuk membuatnya. ini yang menyebabkan nilai adat istiadat yang ada menjadi luntur.

Desta Gugat Cerai Natasha Rizki

Ini Alasan Desta Gugat Cerai Natasha RizkiIni Alasan Desta Gugat Cerai Natasha Rizki

Hendra K Siregar selaku advokat Desta telah bicara mengenai gugatan cerai yang dilayangkan kliennya.
Dalam penuturannya, Hendra K Siregar menerangkan alasan Desta mengajukan gugatan cerai hal yang demikian. Dia menyebut telah tak ada lagi kesamaan visi dan misi antara Desta dengan Natasha Rizki.

Desta Gugat Cerai Natasha Rizki

“Ketidakadaan visi dan misi yang sejajar, ya telah walhasil suami yang mengajukan (perceraian) ini, intinya ya itu hanya itu saja kok ketidakadaan visi dan misi yang sama saja nggak ada yang lain,” kata Hendra K Siregar terhadap, Kamis (18/5/2023).

Hendra juga menerangkan tak ada orang ketiga dan problem ekonomi di antara keduanya.

“Nggak, itu nggak ada (orang ketiga dan problem ekonomi). Cuma visi dan misi yang tak sejajar,” tegasnya lagi.

Untuk keputusan cerai ini memang telah dipikirkan matang-matang. Hendra K Siregar menerangkan tak gampang bagi pasangan ini mengambil langkah cerai.

“Ini memang keputusan bersama sih. Hingga pasti untuk menetapkan hingga ke arah (keputusan) itu bukan hal yang mudah dan gampang ya. Waktunya juga telah betul-betul lama untuk menetapkan (cerai) ini kok,” jelasnya lagi.

Ini Alasan Desta Gugat Cerai Natasha Rizki

Untuk sidang perdana nanti, Hendra tak dapat menentukan situs slot server Kamboja gacor apakah kliennya dapat hadir atau tak.

“Nggak tahu ya bila itu, soalnya tepat banget ia ada kesibukan,” paparnya.

Jikalau ketika ini Desta memang belum berkeinginan memberikan jawaban lantas mengenai perceraiannya dengan Natasha Rizki. Natasha Rizki juga belum berkeinginan bicara mengenai hal ini.

“Hanya kuasa kan telah sama aku jadi ya, via kita bicaranya,” imbuh Hendra.

Jakarta – Desta dengan Natasha Rizki hingga ketika ini rupanya masih tinggal satu rumah padahal dalam cara kerja cerai. Hingga hal yang demikian diberi tahu advokat Desta, Hendra K Siregar.
“Masih, mereka masih satu rumah kok,” ungkap Hendra K Siregar terhadap, Kamis (18/5/2023).

Dalam kans itu, Hendra K Siregar juga menerangkan kalau perceraian itu memang disepakati keduanya. Dan bukan waktu yang singkat untuk menetapkan hal ini.

“Ini memang keputusan bersama sih. Hingga pasti untuk menetapkan hingga ke arah (keputusan) itu bukan hal yang mudah dan gampang ya. Waktunya juga telah betul-betul lama untuk menetapkan (cerai) ini kok,” jelasnya lagi.

Hendra juga menambahkan alasan Desta melayangkan gugatan ini merupakan ketidaksamaan visi dan misi antara dirinya dengan Natasha Rizki.

“Ketidakadaan visi dan misi yang sejajar, ya telah walhasil suami yang mengajukan (perceraian) ini, intinya ya itu hanya itu saja kok ketidakadaan visi dan misi yang sama saja nggak ada yang lain,” kata lagi.

Hendra juga menerangkan tak ada orang ketiga dan problem ekonomi di antara keduanya.

“Nggak, itu nggak ada (orang ketiga dan problem ekonomi). Cuma visi dan misi yang tak sejajar,” tegasnya lagi.

Untuk sidang perdana nanti, Hendra tak dapat menentukan apakah kliennya dapat hadir atau tak.

“Nggak tahu ya bila itu, soalnya tepat banget ia ada kesibukan,” paparnya.

Jikalau ketika ini Desta memang belum berkeinginan memberikan jawaban lantas mengenai perceraiannya dengan Natasha Rizki. Natasha Rizki juga belum berkeinginan bicara mengenai hal ini.

“Hanya kuasa kan telah sama aku jadi ya, via kita bicaranya,” imbuh Hendra.

Kesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal Dunia

Kesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal DuniaKesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal Dunia

Boneka bayangan tradisional identik dengan budaya Jawa. Kulit Wayang dikembangkan secara luas di wilayah Jawa, tepatnya di Jawa Tengah dan Timur. Wayang mengatakan dia tahu bahwa dia berasal dari ‘Ma Hyang’, yang berarti mengatasi semangat spiritual, para dewa atau kekuatan. Meski begitu, ada juga yang mengatakan bahwa pergelangan tangan berasal dari teknik sampel yang didasarkan pada naungan di layar. Kulit pergelangan tangan terbuat dari daun kerbau yang telah dikeringkan. Sementara bagian siku terbuat dari tanduk kerbau yang terhubung ke sekrup sehingga pass boneka lebih dinamis. Sejarah populer mengatakan dalang dalam pertunjukan pertunjukan kesenian tari kecak Indonesia adalah Mahabrrata atau Ramayana.

Kesenian Wayang Indonesia Sudah Banyak Dikenal Dunia

Wayang kulit adalah warisan budaya bernilai tinggi, karena seni kriminal, dan bergabung dengan sastra, seni musik, seni yang indah. Tidak hanya yang terkenal di Indonesia, kulit boneka telah dikenal di mata dunia yang dibawa oleh Ki Purbo Assormo Pedalang. Berkat-berkatnya, sekarang boneka itu mulai populer di beberapa negara Asia di Eropa, termasuk Prancis, Yunani, Jepang, Inggris, Austria, Thailand, Singapura, Bolivia, dan Amerika. Keberadaan agen casino online kulit yang diakui oleh UNESCO slot 888 sebagai pekerjaan budaya yang luar biasa di bidang cerita naratif dan warisan budaya yang indah dan berharga.

Kesenian Wayang Indonesia Sebagai Salah Satu Identias Bangsa

Pertunjukan boneka biasanya dimainkan oleh otak di balik kain putih atau warna yang menonjol oleh lampu listrik untuk menghasilkan bayangan gerakan boneka. Mastermind juga berfungsi sebagai narator dialog dalam angka-angka Infasinary. Secara umum, orang yang menjadi otak dalam zaman kuno adalah orang-orang live baccarat online yang dihormati, berpengetahuan luas dan juga berpendidikan agen slot pragmatic play. Bekerja sebagai kelompok memprediksi sebagai sesuatu yang luhur. Didampingi oleh musik gamelan yang khas oleh sekelompok Nayaga, juga lagu yang dinyanyikan oleh Sinden, kebanyakan wanita, boneka hampir selalu berhasil sehingga penonton diseret.

Pertunjukan kulit boneka juga tidak dapat dipisahkan sebagai ajaib, sehingga tawaran atau persembahan harus dalam setiap pertunjukan. Umumnya menawarkan dalam bentuk ayam desa dengan kerucut beras, kopi, buah, bersama dengan produk lainnya. Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah asap pembakaran dupa. Seiring dengan waktu dari www.daftarslot-online.com, banyak yang menganggap penawaran atau persembahan sebagai satu hal yang berlebihan atau terbuang. Karena itu, sekarang ada banyak boneka yang benar-benar menawarkan persembahan kepada para penonton untuk makan bersama, jadi, karena tidak sia-sia.