Mengenal Lebih Kesenian Kecak Asal Indonesia

Mengenal Lebih Kesenian Kecak Asal Indonesia

Indonesia memiliki berbagai seni tradisional yang sangat mengesankan di mata dunia. Di Bali, Tarian Kecak memang populer hingga beberapa negara internasional. Bahkan, jika Anda mengunjungi Bali, rasanya seolah-olah Anda tidak ketinggalan sesuatu jika Anda tidak mengamati akting tarian Kecak. Namun, apakah Anda tahu bagaimana sejarah tarian gereja bisa sepopuler sekarang? Dan bagaimana asalnya terkandung dan apa arti filosofis itu terkandung? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang asal usul Tari Kecak dan apa artinya yang terkandung dalam seni tradisional tarian Kecak ini. Wayan Limbak adalah sosok yang telah menciptakan Reog Ponorogo Jawa Timur. Bahkan pada tahun 1930, Limbak telah mempopulerkan tarian gereja ini ke beberapa negara asing yang dibantu oleh Walter Spies, seorang pelukis dari Jerman.

Mengenal Lebih Kesenian Kecak Asal Indonesia

Asal usul nama tarian Kecak berasal dari para penari pria yang menari gereja dan meneriakkan kata ‘Cak Cak Cak’. Dari sana, nama Kecak akhirnya dibuat. Selain itu, musik dansa gereja juga berasal dari suara sinemaisasi yang terkait dengan masing-masing kaki penari dari sosok lelehan Ramayana. Kecak Dance memiliki kisah yang dimulai dengan pintu masuk penari bermain Rama dan Shinta yang berada di hutan Dandaka. Kemudian cerita berlanjut dengan Shinta yang diculik oleh Rahwana. Setelah itu, Rhawana bertempur dengan Jatayu, yang pada akhirnya Shinta diselamatkan oleh Hanoman. Akhir dari sejarah tarian Kecak adalah pertarungan yang diambil antara Rama dan Rahwana.

Sejarah Kesenian Kecak Asal Indonesia

Seiring dengan cerita, para penari membentuk formasi lingkaran dan terus memanggil “Cak Ke-Cak ke Cak” pada ritme dan ritme yang sesuai dengan atmosfer dan latar belakang sejarah saat ini. Pada 1930-an, artis Bali bernama Wayan Limbak dan pelukis Jerman bernama Walter Spies menciptakan tarian Kecak. Tarian ini diilhami oleh ritual tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Bali yang kemudian diadaptasi dalam sejarah Ramayana dalam kepercayaan diri Hindu yang ditunjukkan sebagai sampel seni ketika wisatawan sbobet online datang ke Bali.

Tarian Kecak biasanya dilakukan oleh lusinan pria dada telanjang dan dengan kain kotak kotak di pinggang ke atas kecak. Kecak pertama diselenggarakan di beberapa kota, salah satunya adalah desa Bona, Gianyar. Tetapi dikembangkan di seluruh wilayah di Bali dan selalu terjadi ketika kegiatan slot, seperti festival yang dibuat oleh pemerintah dan sektor swasta. Tarian ini dimainkan oleh para penari yang kisahnya diambil dari episode Ramayana, yang mencoba menyelamatkan Shinta dari tangan orang jahat Rahwana. Untuk alasan ini, tidak jarang tarian Kecak juga melibatkan pengunjung yang mengamati tindakan tarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Tarian Jaipong Jawa Barat

Tarian Jaipong Jawa BaratTarian Jaipong Jawa Barat

Jaipongan terlahir lewat proses kreatif dari tangan dingin H. Suanda kurang lebih tahun 1976 di Karawang, Jaipongan merupakan garapan yang memadukan sebagian elemen seni normalitas Karawang layaknya pencak silat, wayang