Kesenian Suku Dayak Yang Jarang Diketahui

Kesenian Suku Dayak Yang Jarang Diketahui

Suku dayak memang sangat unik dan beda dari suku-sukuu lainnya,Indonesia Indonesia memang punya banyak suku yang beragam salah satunya hal yang perlu kamu tahu. Salah satunya hal menarik tentang tradisi unik di Kalimantan Timur.

Upacara yang dilakukan suku dayak adalah salah satu tradisi yang perlu kamu ketahui. Tradisi yang menjadi bagian kekayaan bangsa Indonesia di samping ribuan tradisi di negara yang sangat akan kaya dengan budaya dan sukunya

Sambil menunggu apa yang dilakukan upacara yang dilakukan suku dayak, ada baiknya yang tetap dilestarikan masyarakatnya. Simak agar kamu makin kaya sbobet tentang tradisi asli Indonesia.Masyarakat dayak biasanya menamai upaca ini dengan sebutan Ngayon.memiliki beragam kebudayaan dan tradisi yang jarang terekspos ke publik. Berikut enam tradisi Suku Dayak yang wajib kamu ketahui. berikut ulasannya :

1. Tradisi Kuping Panjang

Suku Dayak memiliki sebuah tradisi yang sangat beragam contohnya adalah memanjangkan kuping. yaitu memanjangkan telinga mereka. Bagi para perempuan dayak di Kalimantan Timur, semakin panjang kupingnya, maka dirinya akan semakin cantik. Selain itu, ada juga yang menyebutkan tradisi ini digunakan untuk menunjukkan status yang mempunyai kekayaan yang berlebih atau bisa kita sebut dengan bangsawan.

2. Upacara Ngayau

Tradisi Ngayau merupakan tradisi bisa dibilang adalah tradisi yang cukup menyeramkan.Tradisi ini disebut juga sebagai tradisi berburu kepala musuh.Tak semua suku dayak melakukannya. Beberapa di antaranya adalah Suku Dayak Iban,yaitu dengan cara membakar mayat suku lain yang sudah mati dan tertangkap oleh suku dayak

Tradisi adalah peninggalan nenek moyang mereka yang berusaia kurang lebih 150 tahun untuk dihentikan pada tahun 1874. Saat itu, suku Dayak Kahayan melakukan pertemuan dengan beberapa suku rumpun lainnya karena tradisi Ngayau dapat pergesekan antara suku dayak dengan suku lain dan perselisihan.

3. Membuat Tato Alami

Tato yang dibuat secara alami dengan menggunakan getah pohon yang sudah tidak terpakai dengan istilah tutang, setiap motif tato memiliki makna mendalam yang erat kaitannya dengan kepercayaan kepada leluhur yang telah mendahului mereka.

Masyarakat Suku Dayak yang ditatto badannya akan membuat sebuah ritual-ritual tertentu terlebih dahulu. Menurut kepercayaan Suku Dayak, tato ini akan berubah menjadi warna emas dan menjadi penerang jalan menuju alam keabadian setelah ajal mereka menjemput

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post