lmdavalos : Kesenian Daerah Di Indonesia Kesenian Indonesia Distrik Seni x Sarinah Resmi, Yuk Intip Pameran Seninya

Distrik Seni x Sarinah Resmi, Yuk Intip Pameran Seninya

lmdavalos.net

lmdavalos.net – Distrik Seni x Sarinah yang berlokasi di lantai 6 Gedung Sarinah, Jakarta, resmi dibuka setelah dirancang selama 2 tahun, Rabu (1/6/2022). Pembukaan tersebut bertepatan menggunakan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

“Kami berharap acara Distrik Seni x Sarinah bisa sebagai momentum kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia yang sempat terpukul selama pandemi,” istilah Penata Artistik Distrik Seni, Farah Wardani, waktu konferensi pers, Rabu (1/6/2022). “program ini membawa semangat mandiri Bung Karno menjadi tema.”

Farah optimistis Distrik Seni x Sarinah mampu mewujudkan kerja sama ekosistem seni buat menjadi wardah berkreasi dan eksperimentasi. Selain itu, ruang ini jua jadi kawasan penjualan karya seni menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

“Distrik Seni menjadi kerja sama pertama pada Indonesia yang mempertemukan konsep kerja budaya menggunakan pasar seni yg dibuat buat menjadi sebuah ekosistem seni rupa berkelanjutan DKI Jakarta,” kata Farah.

Kehadiran Distrik Seni x Sarinah diperlukan bisa menjawab kebutuhan ruang pemberdayaan, penemuan, serta perkembangan tempat pasar, dan ekosistem seni rupa pada Jakarta, yang selama ini dievaluasi sangat minim wadahnya. “Boleh aku katakan sangat miskin daerah, ruang presentatif, ruang presentasi yg mepresentasikan karya-karya terbaik serta perkembangannya sampai hari ini (di Jakarta),” kata Penata Artistik Distrik Seni lainnya, Heri Permad.

Pengembangan ekosistem ini bertujuan mempertemukan pentahelix pariwisata, yaitu akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media. Selain menyediakan ekosistem seni yg berkelanjutan, Distrik x Sarinah turut melibatkan berbagai artis lokal pada serangkaian aktivitas program, seperti dialog kesenian, pameran seni tematik, serta lokakarya.

“strategi ini artinya upaya dalam menarik atensi publik, khususnya menaikkan kesadaran, serta menyediakan akses terhadap aneka macam karya seni lokal kepada rakyat umum , khususnya generasi milenial,” imbuh Farah.

Seni dan Budaya Lokal

Direktur primer PT Sarinah, Fetty Kwartati, menyampaikan bahwa dia percaya menjadi generasi dengan demografi terbesar di Indonesia, milenial mempunyai kiprah signifikan dalam upaya pengembangan seni dan budaya lokal. dia melihat adanya tren positif pada mana saat ini anak belia sudah lebih peduli menggunakan pelestarian seni dan budaya lokal.

“sekarang anak muda mulai membuktikan keberadaan diri menggunakan memakai atribut budaya lokal, mirip kain tradisional. Selain itu, mereka mempunyai ketertarikan untuk mengunjungi pameran seni dan budaya menjadi sarana bersosialisasi,” ujar Fetty.

Semangat Sukarno

Sebelum Distrik Seni x Sarinah diresmikan, Heri Permad berkata, kawasan ini menjadi wadah memamerkan karya seniman Indonesia. “planning besarnya ingin menghadirkan karya-karya seniman atau kreator seni Indonesia sinkron semangat Sukarno menjadi pendiri Sarinah pada panggung Karya Indonesia,” ucap Heri.

menggunakan kehadiran Distrik Seni x Sarinah, pihaknya ingin mendekatkan seni pada publik sedekat-dekatnya. mirip diketahui, pada masa awal pandemi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bahkan menjelaskan sebesar 226.586 artis serta pekerja kreatif terdampak krisis kesehatan dunia.

Harga Karcis

Season pertama Distrik Seni x Sarinah menggunakan tema “berdikari!” berlangsung di dua Juni–22 Agustus 2022. warga yg ingin mengisi ketika akhir pekan menggunakan menikmati aneka macam keindahan seni rupa dapat berkunjung ke Ruang Dr. Ir. Soekarno yg berlokasi di Sarinah Lantai 6, Jl M.H. Thamrin No.11, Jakarta dengan jam operasional pukul 10.00–22.00 WIB.

Harga tiket buat awam/dewasa Rp75 ribu. Mereka mampu menentukan Sesi 1 sampai Sesi lima. Setiap sesi dibatasi selama dua jam, yaitu Sesi 1 pukul 10.00–12.00, Sesi 2 pukul 12.00–14.00, Sesi 3 pukul 14.00–16.00, Sesi 4 pukul 16.00–18.00, dan Sesi 5 pukul 18.00–20.00 WIB.

ad interim itu, untuk pelajar serta mahasiswa dikenakan porto Rp65 ribu. tentang waktunya sama menggunakan buat umum /dewasa. Harga tiket anak-anak sama menggunakan harga tiket pelajar dan mahasiswa Rp65 ribu. Begitu pun dengan waktunya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

lmdavalos.net

Kesenian Indonesia Yang MenduniaKesenian Indonesia Yang Mendunia

Setiap hari, disadari atau tidak, semua yang kita lakukan dan lakukan hampir seluruhnya berkaitan dengan seni.

Sistem kita melihat dan melakukan sesuatu juga merupakan seni karena masing-masing dari kita memiliki selera, pandangan, asumsi kita sendiri tergantung pada sudut pandang kita masing-masing dalam menggambar resume.

Seni itu sendiri memiliki cakupan yang cukup luas yang tidak dapat dikendalikan dengan penjelasan secara literal.

lmdavalos.net

1. Seni Tari

Tari Tradisional Serimpi

Tari serimpi merupakan tarian tradisional yang menjadi identitas Yogyakarta dalam bidang seni gerak. Pada zaman dahulu tarian ini selalu dibawakan untuk menyambut setiap pergantian Raja di Jawa Tengah. Ciri khas dari tari serimpi ini adalah setiap penari wanita mengenakan gaun pengantin layaknya seorang putri keraton.

Tarian tradisional pendet

Tari Pendet merupakan tarian yang sudah tidak asing lagi bagi setiap wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kesenian Bali ini ditarikan oleh beberapa remaja putri yang akan membawa mangkok perak berisi bunga. Di akhir acara, bunga-bunga ini akan ditaburkan ke arah penonton sebagai ucapan selamat datang.

2. Seni

Batik

Batik adalah kain yang dihias dengan menggunakan canting atau printing. Teknik membatik merupakan salah satu ciri khas dari berbagai kesenian daerah di Indonesia. Batik yang paling terkenal saat ini adalah batik Solo dan batik Pekalongan. Ciri khas dari batik ini adalah adanya motif atau ukiran yang khas pada sebuah kain.

Menenun

Tenun juga merupakan salah satu kesenian Indonesia yang terkenal. Hanya saja tenun memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Jadi umumnya hanya orang terlatih yang bisa menenun.

Melukis Badai Akan Berlalu

Lukisan ini adalah karya Affandi yang artinya seseorang yang ingin menjalani hidup. Makna ini juga tercermin dalam lukisannya yang berisi perahu dan matahari.

Lukisan Penari dari Bali

Rutamadji adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di berbagai seni di Indonesia, khususnya seni rupa. Rutamadji adalah seorang maestro asal Jawa Tengah yang telah banyak membuat lukisan, salah satu lukisan Penari di Bali yang membuktikan karya seorang penari Bali yang dimiliki oleh Indonesia.

3. Seni musik

Musik Sasando Gong

Musik tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang terletak di Pulau Rote. Musik ini dibuat dari memainkan alat musik yang disebut sasando. Musik ini dimainkan saat upacara penyambutan tamu dan sebagai hiburan saat ada acara yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat.

Musik Perkusi Salimpat

Lampung adalah pemilik musik Salimpat Tabuh ini. Musik ini dicirikan oleh musiknya yang penuh dengan ketukan dan kutipan. Dalam permainan musik ini, alat musik yang ditampilkan adalah kecapi dan lunik gambus.

Musik Musik Humming Jolo

Senandung Jolo adalah salah satu dari berbagai tempat kesenian di Jambi yang terletak di Muara Sabak. Musik ini dimainkan pada saat acara Padi Bersatu yaitu acara turun sawah untuk menanam padi di sawah.

Musik tradisional Laras Madya dan Santi Swara

Di pinggiran Jawa Tengah, musik laras madya dan santi swara terkenal dengan perpaduan musiknya yang membuat musik ini benar-benar harmonis. Perpaduan antara rebana, kendang, keanak dan bogem menjadikan musik yang dicirikan sebagai paduan suara lagu. Musik ini diterapkan sebagai musik khusus untuk mengiringi doa.

4. Seni Teater

Sanghyang

Sanghyang merupakan jenis kesenian daerah dalam bidang teater yang dipadukan dan dipadankan dengan tari. Seni teater ini berasal dari pulau Bali. Sanghyang tidak hanya seni teater tetapi juga budaya yang memiliki makna khusus.

Lenong

Kesenian lenong ini memang sudah diakui sebagai kesenian yang lahir dari tempat asal Betawi. Lenong dicirikan dengan penerapan bahasa yang kental dengan logat Betawi serta sarat akan lelucon dan cerita menghibur yang akan menghibur penontonnya.

Reog

Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari Ponorogo. Dalam pertunjukan reog, tidak ada dialog yang diucapkan oleh para pemainnya. Namun, reog secara konsisten dapat digolongkan sebagai seni teater di Indonesia. Reog memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenali. Selama pertunjukan reog, para pemain akan mengenakan topeng besar dan tinggi menyerupai wajah singa.

5. Seni Sastra

Timun Mas

Dongeng merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang dijadikan sebagai karya seni sastra. Dongeng ini menceritakan tentang seorang janda yang menerima bayi dari biji mentimun bernama Timun Mas dari seorang raksasa. Raksasa ini diberi nama buto ijo dan akan dibawa kembali pada usia bayinya yang ke-17.

Dongeng Kancil dan Buaya

Dongeng ini menceritakan tentang kecerdikan seekor kancil yang berhasil lolos dari ancaman buaya yang ingin memakannya. Namun karena kecerdikan kijang, buaya hanya dijadikan sarana bagi kancil untuk menyeberangi sungai.

Kesenian Suku Dayak Yang Jarang Diketahui

Kesenian Suku Dayak Yang Jarang DiketahuiKesenian Suku Dayak Yang Jarang Diketahui

Suku dayak memang sangat unik dan beda dari suku-sukuu lainnya,Indonesia Indonesia memang punya banyak suku yang beragam salah satunya hal yang perlu kamu tahu. Salah satunya hal menarik tentang tradisi unik di Kalimantan Timur.

Upacara yang dilakukan suku dayak adalah salah satu tradisi yang perlu kamu ketahui. Tradisi yang menjadi bagian kekayaan bangsa Indonesia di samping ribuan tradisi di negara yang sangat akan kaya dengan budaya dan sukunya

Sambil menunggu apa yang dilakukan upacara yang dilakukan suku dayak, ada baiknya yang tetap dilestarikan masyarakatnya. Simak agar kamu makin kaya sbobet tentang tradisi asli Indonesia.Masyarakat dayak biasanya menamai upaca ini dengan sebutan Ngayon.memiliki beragam kebudayaan dan tradisi yang jarang terekspos ke publik. Berikut enam tradisi Suku Dayak yang wajib kamu ketahui. berikut ulasannya :

1. Tradisi Kuping Panjang

Suku Dayak memiliki sebuah tradisi yang sangat beragam contohnya adalah memanjangkan kuping. yaitu memanjangkan telinga mereka. Bagi para perempuan dayak di Kalimantan Timur, semakin panjang kupingnya, maka dirinya akan semakin cantik. Selain itu, ada juga yang menyebutkan tradisi ini digunakan untuk menunjukkan status yang mempunyai kekayaan yang berlebih atau bisa kita sebut dengan bangsawan.

2. Upacara Ngayau

Tradisi Ngayau merupakan tradisi bisa dibilang adalah tradisi yang cukup menyeramkan.Tradisi ini disebut juga sebagai tradisi berburu kepala musuh.Tak semua suku dayak melakukannya. Beberapa di antaranya adalah Suku Dayak Iban,yaitu dengan cara membakar mayat suku lain yang sudah mati dan tertangkap oleh suku dayak

Tradisi adalah peninggalan nenek moyang mereka yang berusaia kurang lebih 150 tahun untuk dihentikan pada tahun 1874. Saat itu, suku Dayak Kahayan melakukan pertemuan dengan beberapa suku rumpun lainnya karena tradisi Ngayau dapat pergesekan antara suku dayak dengan suku lain dan perselisihan.

3. Membuat Tato Alami

Tato yang dibuat secara alami dengan menggunakan getah pohon yang sudah tidak terpakai dengan istilah tutang, setiap motif tato memiliki makna mendalam yang erat kaitannya dengan kepercayaan kepada leluhur yang telah mendahului mereka.

Masyarakat Suku Dayak yang ditatto badannya akan membuat sebuah ritual-ritual tertentu terlebih dahulu. Menurut kepercayaan Suku Dayak, tato ini akan berubah menjadi warna emas dan menjadi penerang jalan menuju alam keabadian setelah ajal mereka menjemput

lmdavalos.net

Kaligrafer Kashmir Tuliskan seluruh Isi Al-Qur’an pada Gulungan Kain 500 MeterKaligrafer Kashmir Tuliskan seluruh Isi Al-Qur’an pada Gulungan Kain 500 Meter

Seseorang kaligrafer belia di Kashmir India menuliskan seluruh isi Al-Qur’an di gulungan kain sepanjang 500 meter. hasil karyanya dipamerkan di sebuah masjid pada ibu kota isu terkini panas wilayah federal Srinagar sejak akhir Juli lalu.

Selesaikan Kaligarafi Al-Qura’an Dalam 6 Bulan

Kaligrafer bernama Mustafa Jameel ini menyelesaikan kaligrafi seluruh Al-Qur’an pada ketika enam bulan.

laki-laki berusia 27 tahun itu mengaku, minatnya pada seni menulis latif itu ada sesudah menghasilkan kaligrafi sebuah surah. beliau begitu menikmati prosesnya sehingga akhirnya memutuskan buat membuat kaligrafi seluruh buku kudus itu.

“Awalnya, saya mulai memperbaiki goresan pena tangan aku . selesainya goresan pena tangan aku membaik, aku melihat hal baru. aku terkejut bahwa bahkan saya ternyata bisa menulis menggunakan sangat indah . saat aku mulai menulis Al-Qur’an … saya hanya mengikuti cita-cita saya … poly apresiasi berasal orang-orang sehingga akhirnya aku mendalaminya,” jelasnya.

tidak banyak yg tahu bahwa di awalnya Jameel ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi tidak lulus matrikulasi. ia acapkali diejek sang famili serta komunitasnya. Ejekan itu justru mendorongnya melakukan sesuatu yg di luar kebiasaan.

Younis Mustafa, seseorang kerabat Jameel, mengaku kagum. “ia membutuhkan saat tiga bulan buat menulis Al-Qur’an dan satu bulan lagi dikhususkan buat merancang pinggirannya. Persiapan bahan yang digunakan dalam proyek ini membutuhkan saat dua bulan karena bahan bakunya tidak tersedia di sini. Kami suka bahwa Allah memilihnya buat tujuan ini,” komentarnya.

Habiskan 3000 USD

Proyek ini menghabiskan biaya 2,4 lakh rupee atau sekitar $3000 serta diselesaikan di New Delhi.

Rekor yang dicetak Jameel akan segera dimasukkan ke Asian Book of Records, Indian Book of Records, dan International Book of Records.

Rekor global buat tulisan tangan Al-Qur’an terbesar ketika ini dipegang oleh Saad Mohammed, seseorang seniman Mesir.

Kaligrafi pada Kashmir artinya seni antik. Seni itu seakan terlupakan selama masa pemberontakan tetapi pulang bangkit pada beberapa tahun terakhir.